Ada Kolam Ikan di GBLA, DPRD Bandung: Kalau Gak Sanggup Kelola Bilang!

Persoalan bukan dari anggaran pengelolaan

Bandung, IDN Times - Peristiwa kolam ikan hias di sekat Tribun Timur Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) mendapat sorotan keras Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung.

Menurut Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung, Aries Supriyatna, peristiwa ini cukup mencoreng Kota Bandung khususnya adanya kolam ikan hias di Stadion GBLA. Masalah ini bukan karena persoalan minim anggaran. Tetapi, tanggungjawab pengelola dalam melakukan pemeliharaan kondisi Stadion GBLA.

"Kalau benar tidak sanggup bilang, tidak sanggup jangan anggaran diberikan tetapi pekerjaan tidak maksimal," ujar Aries saat dihubungi, Rabu (24/2/2021).

1. Anggaran sebesar apapun jika pengelolaan tidak baik percuma

Ada Kolam Ikan di GBLA, DPRD Bandung: Kalau Gak Sanggup Kelola Bilang!Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Adanya peristiwa ini jangan berlindung dari persoalan anggaran. Menurut dia, persoalan anggaran sangat relatif, diberikan sebesar apapun jika pengelolaan tidak maksimal maka tidak akan berfungsi maksimal.

"Ini salah satu simbol ikon kota bandung yang akan di banggakan ini harus betul dipelihara dengan baik ke depan jangan lagi ada tribun jadi kolam," kata dia.

2. Peristiwa ini seperti disengaja

Ada Kolam Ikan di GBLA, DPRD Bandung: Kalau Gak Sanggup Kelola Bilang!(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Ia berpesan, Pemkot Bandung harus lebih memperhatikan proses pemeliharaan dan dikontroling harus lebih dimaksimalkan. Ke depan, jangan lagi ada insiden serupa ditemukan masyarakat secara langsung.

"Kejadian seperti ini jangan sampai terjadi kan lucu ini, yang nantinya kami banggakan sekarang tidak terpakai "aya balong lauk hias" itu kayak yang di sengaja," kata dia.

3. Dispora sebut kurang anggaran pengelolan

Ada Kolam Ikan di GBLA, DPRD Bandung: Kalau Gak Sanggup Kelola Bilang!IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Sekretaris Dispora, Sigit Iskandar, mengakui bahwa perawatan sudah dilakukan dengan maksimal. Namun, menurutnya saat ini GBLA  masih membutuhkan anggaran tambahan guna melengkapi sederet perlengkapan.

"Jelas perawatan rutin berjalan, namun kadang-kadang mesinnya rusak, kan anggarannya belum turun kemarin," kata Sigit.

Dalam satu tahun Pemerintah Kota Bandung harus mengeluarkan anggaran hingga Rp3,9 miliar untuk perawatan Stadion GBLA. Adapun anggaran itu dialokasikan untuk perawatan rumput dan listrik.

"Listrik 90x12 = 1.080 miliar, security Rp864 juta, office boy Rp864 juta, rumput dalam Rp400 juta, rumput luar Rp200 juta, dan pemeliharaan Rp500 juta," kata dia.

4. Warga melihat langsung ada kolam ikan di stadion GBLA

Ada Kolam Ikan di GBLA, DPRD Bandung: Kalau Gak Sanggup Kelola Bilang!Twitter.com/dedihermayadi

Viralnya video kolam ikan hias yang berada di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung senilai miliaran rupiah menjadi perbincangan sosialStadion GBLA yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Bandung dan warga Jawa Barat ini mendadak rusak akibat ada "kolam ikan hias" di tengah tidak adanya aktivitas olah raga saat pandemik.

Fakta adanya kolam ikan hias ini tersebar dalam tayang video berdurasi 0:28 detik yang diunggah @hooliganbdg dengan keterangan bahwa video dikirim oleh @mohsaepudinrohman_33.

Kondisi kolam ikan yang berada di tribun timur Stadion GBLA ini pun disaksikan oleh salah seorang warga yang sempat bermain di GBLA berinisial ZA. Menurut dia, kolam ikan itu memang berada di samping lapangan GBLA. Ia juga membenarkan bahwa video itu bukan hoax ataupun manipulasi.

"Itu pas saya lagi main bola. Pas ambil bola ke luar ada kolam yang ada ikannya. Tapi, pas kemarin saya belum ada tanamannya, cuma ikannya saja. Lokasinya pas saya di dekat tribun timur," tuturnya.

Baca Juga: Ikan Hias di Stadion GBLA Ada karena Kerja Pengelola Tak Maksimal

Baca Juga: Ada Kolam Ikan di Stadion GBLA, Begini Kata Pengelola

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya