Bedah Rumah ala KS Grup Sasar Renovasi 12 Unit Hunian

Menjadi langkah pertama dari target seratus unit rumah

Bandung, IDN Times – Indonesia saat ini masih memiliki tugas besar dalam mensejahterakan masyarakatnya, salah satunya terkait tempat tinggal. Bagaimana tidak, berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021, sebanyak 39,1 persen rumah tangga di Indonesia tinggal di rumah tidak layak huni.

Persentase tersebut turun 1,36 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 40,46 persen. Sebanyak 44,05 persen rumah tangga yang tinggal di rumah tak layak huni berada di perdesaan. Angkanya lebih tinggi dibandingkan proporsinya di perkotaan yang sebesar 35,35 persen.

Renovasi rumah memang memerlukan biaya yang besar. Maka itu, tugas pemerintah untuk menuntaskan tugas rumah layak huni, memerlukan uluran tangan berbagai pihak.

Hal tersebut disadari PT. Krakatau Sarana Properti (KSP), di mana baru saja memberikan bantuan rumah layak huni tahap pertama untuk masyarakat Kota Cilegon yang membutuhkan. Program yang dinamakan bedah rumah tersebut diinisiasi oleh PT. Krakatau Steel sebagai holding company yang menyasar target sebanyak seratus rumah layak huni.

Dalam penyerahan kunci rumah layak huni tahap pertama kemarin, PT. KSP memberikan bantuannya untuk warga di daerah Pakis Aji, Kecamatan Cibeber. Dalam serah terima secara simbolis tersebut, KSP diwakili oleh Andi Yoshendy Djoko selaku Direktur Keuangan dan SDM.

1. Melibatkan seluruh unit bisnis Krakatau Steel

Bedah Rumah ala KS Grup Sasar Renovasi 12 Unit HunianBedah Rumah ala KS Grup Sasar Renovasi 12 Unit Hunian (IDN Times/istimewa)

Iip Arief Budiman, Direktur Utama PT. KSP mengatakan, perusahaannya dan seluruh unit bisnis yang tergabung di KS Group turut andil dan harus memberikan kontribusi yang nyata untuk program bedah rumah yang akan ditargetkan selesai secara keseluruhan pada tahun 2024 mendatang.

"Krakatau Steel Group termasuk juga di dalamnya PT.KSP terlibat dalam program bedah rumah untuk masyarakat Kota Cilegon yang membutuhkan bantuan terkait renovasi ulang rumah mereka yang sebelumnya tidak layak huni menjadi layak huni."

"Kemarin, Jumat (25/8/2023), kami sudah menyerahkan kunci rumah layak huni ke tujuh rumah di daerah Pakis Aji Kecamatan Cibeber,” tutur Iip, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Senin (28/8/2023).

2. Menjadi langkah pertama dari target renovasi 100 rumah

Bedah Rumah ala KS Grup Sasar Renovasi 12 Unit Hunianilustrasi renovasi rumah (pexels.com/Rene Asmussen)

Menurut Iip, aktivitasnya kemarin merupakan rangkaian bedah rumah tahap pertama dari total 12 rumah yang rencananya akan dibangun oleh PT.KSP bekerja sama dengan unit bisnis KS Group lainnya, yakni PT.Krakatau Baja Konstruksi (KBK).

“Progam bedah rumah merupakan concern kami bersama di KS Group dalam rangka berpartisipasi aktif membangun dan sekaligus ikut andil bersama instansi pemerintah lainnya, termasuk juga Pemerintah Kota Cilegon untuk mensejahterakan masyarakat Kota Cilegon," kata Iip.

3. Menyasar rumah tipe 30

Bedah Rumah ala KS Grup Sasar Renovasi 12 Unit HunianIlustrasi Perumahan. IDN Times/Arief Rahmat

Sebelumnya, bantuan renovasi rumah juga telah diberikan KSP untuk enam orang warga teridentifikasi yang tersebar di Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan dan juga di Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon

"Adapun renovasi bedah rumah yang dijalankan umumnya yakni tipe rumah 30 dan selanjutnya untuk tahap kedua nanti KSP akan memberikan bantuannya bagi lima warga yang berada di Kota Cilegon, yang memang butuh mendapatkan perhatian yang lebih,” kata Iip.

Baca Juga: 7 Gaya Artis di Pernikahan Tyas Mirasih, Dihadiri Tim Bedah Rumah Lagi

Baca Juga: Beri Bantuan Renovasi Rumah, Ganjar Minta Warga Tak Lagi BAB di Sungai

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya