Genjot Kercepatan Vaksinasi Harian, 12.500 Bidan Jabar Jadi Vaksinator

Vaksintor diterjunkan langsung untuk vaksinasi doot to door

Bandung, IDN Times - Kecepatan vaksinasi harian di Jabar masih belum sesuai target. Divisi Percepatan Vaksinasi COVID-19 Pemulihan Ekonomi Daerah (KPCPED) Jawa Barat (Jabar) akan menerjunkan 12.500 bidan menjadi vaksinator COVID-19.

Dedi Supandi, Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi COVID-19 KPCPED Jabar mengatakan, bidan-bidan yang akan diterjunkan itu akan melayani penyuntikan vaksin COVID-19 di tempat praktik mandiri mau pun door to door menyasar para lansia.

"Jadi strateginya bukan lagi di sentra-sentral vaksinasi, tapi kita gandeng bidan-bidan praktik. Mereka akan dititipi vaksin untuk penyuntkan baik door to door atau masyarakat," ujar Dedi, Selasa (12/10/2021).

1. Pemprov Jabar juga akan bekerja sama dengan berbagai lembaga

Genjot Kercepatan Vaksinasi Harian, 12.500 Bidan Jabar Jadi VaksinatorIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Percepatan vaksinasi di Jabar terus akan dilakukan dengan berbagai cara. Selain menerjunkan bidan, Dedi mengatakan, Pemprov Jabar sudah bekerjasama dengan berbagai lembaga.

"Komunikasi terus dijalin, dengan ikatan bidan, persatuan perawat, dan ikatan dokter, bahwa kita akan memberikan kewenangan kepada bidan-bidan praktik untuk melakukan penyuntikan vaksin," katanya.

2. Bidan menjadi vaksinator akan mempercepat vaksinasi harian Jabar

Genjot Kercepatan Vaksinasi Harian, 12.500 Bidan Jabar Jadi VaksinatorVaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama pada seorang seniman saat vaksinasi massal bagi seniman dan budayawan, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (19/4/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Berdasarkan perhitungannya, bidan yang akan diterjunkan ini akan menambah angka rata-rata vaksinasi harian Jabar sebanyak 500 ribu dosis per hari. Sehingga, bila ditotalkan bisa mencapai 800 ribuan dosis per hari.

"Bila kita hitung lebih kecil saja, ada 10 ribu bidan dikali 50 dosis per hari yang kita titipkan, sehari bisa jadi 500 ribu," jelasnya.

3. Program vaksinasi lainnya juga dijalankan

Genjot Kercepatan Vaksinasi Harian, 12.500 Bidan Jabar Jadi VaksinatorIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Dedi menambahkan, program lain yang sudah dijalankan oleh Divisi Percepatan Vaksinasi COVID-19 KPCPED Jabar yaitu menggelar 'Pekan Cinta Lansia'. Program ini mengajak pelajar dan anak muda membawa kakek, nenek atau lansia untuk dibawa ke lokasi vaksinasi.

"Lokasi vaksinnya disesuaikan dan dikomunikasikan sekolah, kecamatan atau puskesmas setempat. Sekolah jadi tempat vaksinasi juga sudah terjadi hari ini," kata dia.

Baca Juga: Pemprov dan DPRD Jabar Tetapkan APBD-P 2021 Sebesa Rp39,42 Triliun

Baca Juga: Vaksinasi Disabilitas Jabar Lebihi Target, Tembus 101 Persen

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya