DKPP Jabar Klaim Stok Pangan Jelang Lebaran 2024 Masih Aman

Mitigasi saat kelangkaan bahan pangan juga sudah dilakukan

Bandung, IDN Times - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat mengklaim stok pangan aman hingga lebaran 2024. Kebutuhan masyarakat di 27 kabupaten kota untuk menyambut lebaran mendatang juga sudah banyak terpenuhi.

"Dari perhitungan kami di neraca pangan, sudah semua terpenuhi. Berapa ketersediaan dan kebutuhan telah terpenuhi. Kita surplus semua," ujar Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan, DKPP Jabar, Nenny Fasyaini di Gedung Sate, Selasa (2/4/2024).

1. Daerah surplus akan diminta memasok ke daerah defisit

DKPP Jabar Klaim Stok Pangan Jelang Lebaran 2024 Masih Aman(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski diklaim aman, DKPP Jawa Barat akan melakukan beberapa langkah antisipasi kelangkaan dengan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar di beberapa daerah hingga H-2 Idul Fitri. Nenny mengungkapkan, daerah surplus pangan akan diminta bantuan ke daerah yang mengalami defisit.

"Untuk daerah surplus kami memasok daerah yang defisit agar kebutuhan terpenuhi. Dan kami akan melaksanakan GPM hingga tanggal 8 Maret atau H-2 Lebaran terakhir di Kabupaten Sumedang," ungkapnya.

2. GPM terus dilakukan di kabupaten dan kota

DKPP Jabar Klaim Stok Pangan Jelang Lebaran 2024 Masih Aman(KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER)

Nenny mengatakan, GPM dihadirkan untuk menekan harga kebutuhan pokok yang diprediksi meningkat saat lebaran. Selama bulan Ramadhan, pihaknya menyebut total mengadakan GPM sebanyak 107 kali.

"Selama bulan Ramadhan kami kemarin sudah laksanakan serentak di enam kabupaten/kota dan dilaksanakan di 29 titik termasuk dari pihak provinsi. Total sudah 107 kali," katanya.

Lebih rinci, Nenny mengungkapkan harga beberapa kebutuhan pokok menjelang lebaran masih dalam kondisi stabil. Kenaikan harga pun masih berada di angka yang relatif rendah.

"Cabai keriting sekarang ada di Rp42.000 per kilogram dibanding tahun lalu mencapai Rp100.000. Kalau daging ada di 130.000 itu daging yang bagusnya. Untuk yang daging rendang Rp100.000 per kilogram, sementara untuk daging ayam di GPM kami jual Rp30.000 per kilogram," tutur dia.

3. Harga bawang merah dan putih mengalami kenaikan

DKPP Jabar Klaim Stok Pangan Jelang Lebaran 2024 Masih Amanhttps://jogjabenih.jogjaprov.go.id/

Lebih lanjut, Nenny menambahkan, untuk harga bawang merah dan bawang putih, diakuinya ada kenaikan harga. Di mana sebelumnya harga bawang merah sempat jatuh di sekitar Rp28.000 per kilogram. Selain itu barang yang dijual juga kebanyakan merupakan hasil impor.

"Bawang merah dan putih sekarang di harga Rp32.000 per kilogram, untuk bawang putih kebanyakan impor dan ada penurunan sedikit," katanya.

Baca Juga: Bey Machmudin Lawan Praktik Jual Beli Kursi di PPDB Jabar 2024

Baca Juga: Herman Suryatman, Eks Intelijen Kodim yang Kini Jadi Sekda Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya