Comscore Tracker

8 Tipe Anak Kos yang Akan Mewarnai Duniamu

Kamu pernah ngalamin yang mana?

Majalengka, IDN Times – Hampir di setiap daerah termasuk Kabupaten Majalengka belum memiliki peraturan daerah (Perda) mengenai tempat kos-kosan. Payung hukum ini penting ada agar sanksi tegas terhadap pemilik kos maupun yang menyewa ketika menyalahgunakannya.

Eits,.. jangan mengernyitkan dahi dahulu, IDN Times tidak akan membahas hal itu kok, tenang saja.

Nge-Kos adalah kegiatan tinggal di sebuah rumah atau kamar berukuran tertentu untuk sementara waktu. Tujuannya agar ke kampus, tempat kerja atau tempat lain yang kita tuju menjadi lebih dekat. Biasanya jaraknya agak jauh dari rumah, dan lebih dekat ke tempat tujuan seperti kampus dan kantor agar lebih menghemat biaya transportasi, tenaga, waktu.

Berikut ini IDN Times sudah mencarikan beberapa jenis penghuni kos yang lazim terdapat di dunia per kos-kosan di seluruh kolong langit ini. Apa saja? Yuk simak penjelasannya!

1. Anak kos gak tau diri

8 Tipe Anak Kos yang Akan Mewarnai DuniamuGoogle

Pengalaman jadi anak kos adalah bagian yang tak terpisahkan dari anak kuliahan yang merantau. Pasti kamu akan mengalami pahit dan manisnya menjadi anak kos. Kamu akan bertemu teman-teman kos yang berasal dari berbagai daerah, dan pastinya mereka punya kebiasaan yang berbeda-beda.

Namun bagi anak kos tipe ini suka menyebalkan, kadang suka bawa pacar ke kosan. Belum lagi kalau doi utang sana-sini, bikin kasus, makan uang kuliah, nyusahin orang tua.

Tidak hanya sampai di situ, anak kos jenis ini aktivitas sehariannya bangun tidur, makan, tidur lagi, bangun lagi, makan lagi tidur.

2. Tipe penyendiri

8 Tipe Anak Kos yang Akan Mewarnai DuniamuPexels/Tamar Willoughby

Saudara sebangsa dan sekosan, Ngekos bisa dilakukan oleh siapa saja, terlepas dari apa pun profesimu. Karena biaya yang cukup terjangkau, kos-kosan biasanya dipilih sebagai alternatif tempat tinggal para perantau.

Kamu akan menemukan tipe anak kos seperti ini, serem ya kalau suka menyendiri. Tipe ini seperti merasa tidak perlu untuk bergaul sama teman-teman kosnya yang lain. Dia lebih banyak menyendiri di kamar, selain ke kampus. Jarang ngobrol pula.

Jadi nggak kenal siapa-siapa deh. Padahal kan teman kos itu adalah aset yang berharga bagi anak kos (Terutama kalau kiriman uang dari orang tua habis, kan bisa numpang makan).

3. Tipe tukang utang

8 Tipe Anak Kos yang Akan Mewarnai DuniamuKompasiana.com

Nah, kamu-kamu yang pernah atau sedang jadi anak kos pasti harus berurusan dengan penghuni lain juga. Ada yang menyenangkan dan bahkan bisa jadi teman dekat. Namun gak sedikit juga yang ngeselin. Bahkan bikin pengin pindah! 

Di manapun kamu ngekos, mereka-mereka (tipe ini) akan tetap bersemayam di sekeliling kamarmu.

Setiap makan bareng pasti langgangan ngomong "pakai duitmu dulu ya, dompetku ketinggalan" atau "belum dikirimin nih". Begitu pula kalau lagi belanja kebutuhan bulanan, patungan WIFI kos juga gitu. Alasannya macam-macam, tapi dia masih sering tuh jalan di mal, bioskop atau kafe. "Mas, ketemu mas anu gak? Dia belum bayar kos dua bulan tolong diingatkan ya!"

Selain bikin malu, teman kos yang suka ngeles dan telat bayar sering bikin kamu kena getahnya juga. Si ibu kos jadi rajin mengeluh, minta tolong ngingetin, bahkan tahu-tahu ikut judes sama kamu.

4. Teman kos artis (Suka berisik dan nyanyi-nyanyi ga jelas)

8 Tipe Anak Kos yang Akan Mewarnai DuniamuIDN Times/Nisa Widya Amanda

Ketika malam sunyi dan syahdu, anak kos yang satu ini tiba-tiba berkaraoke pakai video instrumental di YouTube dan volume speaker maksimal. Padahal, siang harinya, anak kos ini pun pulang bawa rombongan 1 RT dan menggelar arisan dadakan sampai Isya.

Di lain kesempatan, anak kos tipe yang satu ini menerima telepon dan berbincang keras-keras, bahkan tanpa malu-malu sampai menangis sesenggrukan kalau lagi berantem sama pacarnya di telepon. 

Selain itu, ini jenis anak kost paling dibenci di dunia perkos-kosan dari kelas eksekutif (yang kamar mandi di dalam) sampai kelas ekonomi (yang kalau mau mandi harus ngantre, kaya  zaman dulu mau beli minyak tanah). Mentang-mentang punya sound system bagus dan merasa selera musiknya oke, dia jadi seenaknya geber lagu keras-keras. Gak inget waktu pula! Pagi, siang, sore, malam...

Belakangan listrik jadi suka anjlok. Komputer dan alat-alat elektronikmu jadi rentan rusak. Belum lagi tiba-tiba ibu kos naikin tarif, nanya-nanya kamu suka pakai alat listrik apa aja. Padahal kamu sudah sesuai aturan dan bahkan bayar biaya lebih. Eh, rupanya ada anak kos curang yang suka menyelundupkan alat listrik tanpa bayar kelebihan beban. (Apa boleh bikin, Cuma bisa mengelus dada, dada orang lain pula).

5. Si tukang mandi lama

8 Tipe Anak Kos yang Akan Mewarnai DuniamuAnakkost.com

Tipe ini hanya dijumpai pada kos-kosan yang kelas ekonomi, kalau yang kelas eksekutif sih ga bakal mengalami. Lupakan hasrat untuk bangun siang kalau kamu berada di bawah atap yang sama dengan anak kos jenis yang satu ini, apalagi kalau jadwal berangkat sekolah, kuliah, kerjamu mirip-mirip dengannya.

Meleng sedikit aja, kamu harus rela ngantre di depan pintu kamar mandi. Sementara dia dengan santainya berlama-lama di dalam kamar mandi. Biasanya, saat keluar kamar mandi, anak kos ini akan terkekeh sedikit dan bilang, “Hihihi, sori lama, ya?”

6. Tipe suka parkir sembarangan berasa kos milik berdua (dia sama motornya)

8 Tipe Anak Kos yang Akan Mewarnai DuniamuGoogle

Tak perlu dijelaskan lagi. Anak kos tipe begini biasanya bikin kesel banget. Punya kendaraan suka parkir di sembarang tempat. Apalagi, parkirnya suka gak kira-kira dan merugikan banyak penghuni lain.

7. Si tipe cinlok

8 Tipe Anak Kos yang Akan Mewarnai DuniamuStudents.id

Mau bagaimana ya, namanya juga tinggal satu atap. Bisa hampir setiap hari bertemu dan berinteraksi. Nggak mustahil kalau pelan-pelan benih-benih cinta mereka muncul.

Kadang ada juga drama-drama ala sinetron yang terjadi, tapi itu sudah menjadi bumbu kehidupan ngekos yang kamu nikmati. Peraturan ala perusahaan pun dicanangkan:

Kalau sudah ada cinta lokasi, biasanya sang ibu kos jadi was-was dan memutar otak agar penghuni yang pacaran nggak berbuat aneh-aneh. Tidak boleh ada karyawan yang memiliki hubungan asmara atau pernikahan dalam satu tempat. Kalau ada, salah satu harus memilih untuk keluar.

8. Penghuni baik hati

8 Tipe Anak Kos yang Akan Mewarnai DuniamuGoogle

Tapi tenang, tidak semuanya dunia kos-kosan penuh derita. Masih banyak penghuni kosan yang menyenangkan. Tipe penghuni ini adalah teman impian bagi seluruh masyarakat kos-kosan dunia. Hobinya menebar senyum dan makanan. Super!

Kalau galon air minum kita sudah kosong, dia pasti akan dengan senang hati mengizinkan kita menampung air minum secukupnya untuk bertahan hidup. Kalau baru pulang kampung, lumbung-lumbung makanan akan terisi penuh.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya