Comscore Tracker

Viral, Ini Dia Sosok Pembuat Konten Kreatif Korea Sunda 

Deon mengenalkan bahasa Sunda kepada publik

Baru-baru ini netizen di dunia maya ramai membicarakan terkait konten Korea Sunda (korsun) yang sedang viral di media sosial. Seorang pria asal Bandung bernama Deon Setiadinata membuat konten menarik dan informatif. Terlebih informasi yang dikemas unik dan lebih mudah diterima oleh masyarakat.

1. Profile

Viral, Ini Dia Sosok Pembuat Konten Kreatif Korea Sunda Deonsetiadinata/instagram

Nama lengkap Deon Setiadinata, pria 27 tahun ini berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat. Memiliki fasyen di bidang video/digital. Dari hobi ini, ia pun bekerja sebagai konten kreator di sebuah mirlaba bagian event Kota Bandung.

2. Kena dampak pandemi Covid-19

Viral, Ini Dia Sosok Pembuat Konten Kreatif Korea Sunda Ilustrasi perekonomian Indonesia diserang virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Akibat pandemic Covid-19, Deon harus menelan pil pahit karena dirumahkan sampai akhir 2020 mendatang. Namun bukan alasan untuk menyerah, justru Deon semakin semangat mengasah skill dalam membuat konten.

3. Sharing bersama adik

Viral, Ini Dia Sosok Pembuat Konten Kreatif Korea Sunda Deonsetiadinata/instagram

Deon ternyata terinfluens dari sang adik, yang mana dia pecinta Korea baik drama maupun Idolnya. Dari sana, mereka saling sharing, oberservasi dan akhirnya membuat konten yang kini viral bahkan sudah direpos oleh banyak akun.

4. Pilih Korea karena lebih mirip Sunda

Viral, Ini Dia Sosok Pembuat Konten Kreatif Korea Sunda Deonsetiadinata/instagram

Dalam pengakuannya, sebelum menentukan Korea ternyata ada beberapa negara yang juga dioberservasi. Seperti Thailand, Spanyol, dan beberapa negara di Eropa namun Korea lebih mirip sehingga dibuatlah konten Korea Sunda.

“Tadinya rencana semua bahasa mau disundain cuma kosa kata yang paling banyak mirip sama sunda itu Korea. Tadinya mau Thailand sama spanyol maksudanya yang Eropa-an” ujar Deon saat dihubungi, Kamis (30/07/2020).

5. Butuh perjuangan untuk membuat konten

Viral, Ini Dia Sosok Pembuat Konten Kreatif Korea Sunda Deonsetiadinata/instagram

Membuat konten korea sunda ini butuh perjuangan. Mulai dari obervasi, latihan pengucapan, membeli hanbok, make up, syuting, editing dan lainnya. Namun hasil tidak mengkhianati usaha, akhirnya videonya viral. Terlebih semua dikerjakan sendiri namun tetap minta bantuan adik dan teman dalam prosesnya seperti sharing dan melakukan video.

“Memang saya observasinya lumayan menguras tenaga dan pikiran tapi setelah tahu kunciannya oh ya sekarang udah bisa (lebih mudah)” ucapnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya