Comscore Tracker

Ada Suara Steven Coconuttrezz, Toiletsounds Rilis Lagu Baru

Bikin rindu sosok Steven, deh

Bandung, IDN Times – Toiletsounds akhirnya kembali setelah sekian lama vakum dari industri rekaman dengan merilis sebuah singel berjudul “Gak Jelas” yang tersiar di berbagai platform digital. Singel yang dirilis grup indie-rock senior asal Jakarta lewat label rekaman Demajors ini terbilang unik, karena menampilkan suara mendiang Steven Kaligis, atau yang lebih dikenal sebagai Steven Coconuttreez.

Wafatnya Steven pada Juni 2021 memang memukul panggung musik tanah air, utamanya skena musik reggae. “Steven adalah seorang sahabat, kami berangkat dari kancah musik yang sama. Kolaborasi ini ternyata jadi ajang nongkrong kami yang terakhir,” ujar Petrus Saiya, pentolan band yang yang terbentuk sejak tahun 1994 tersebut.

1. Seluruh hasil komersialisasi lagu akan diberikan pada keluarga Steven

Ada Suara Steven Coconuttrezz, Toiletsounds Rilis Lagu BaruToiletsounds

Petrus mengatakan, “Gak Jelas” merupakan karya kolaborasi baru dari trek berjudul “Ngga’ Jelas (Nol)” yang merupakan salah satu anthem klasik Toiletsounds, yang juga pengisi album debut Minim (1998). Selain suara khas Steven, versi ini juga menampilkan permainan Tege, gitaris Coconuttreez, dan Bayu Rootz pada instrumen gamelan, saron, di akhir lagu.

Versi mutakhir lagu “Gak Jelas” ini dirilis sebagai bentuk penghormatan untuk mendiang Steven Kaligis.

“Seratus persen pendapatan yang diperoleh dari rekaman lagu tersebut akan diberikan kepada keluarga almarhum,” kata Irsya Wahyudi, sang drummer Toiletsounds yang juga menjadi produser kreatif rekaman.

2. 'Gak Jelas' adalah pintu masuk untuk karya terbaru Toiletsounds yang lain

Ada Suara Steven Coconuttrezz, Toiletsounds Rilis Lagu BaruPerjalanan karier Tepeng (Junotphotograph via Instagram.com/stevenjam_official/)

Selain sebagai karya penghormatan, “Gak Jelas” juga merupakan pintu masuk untuk materi-materi baru Toiletsounds yang akan mulai hadir di pasaran dalam waktu dekat. “Kami sudah menyiapkan materi baru, tentunya dengan sound dan sikap yang lebih segar. Sudah siap untuk satu album, tinggal tunggu tanggal mainnya,” kata Irsya.

Dengan kembalinya nuansa indie-rock ’90-an di kancah musik alternatif lokal dan internasional, kiprah kembalinya Toiletsounds di dunia rekaman menjadi bagian yang patut dinanti oleh pecinta musik berbagai generasi.

Single ”Gak Jelas” dari Toiletsounds feat. Steven Coconuttreez dirilis melalui Demajors, pada 20 Agustus 2021 di seluruh platform musik digital diantaranya Spotify, Apple Music, JOOX, YouTube Music dan Resso.

3. Siapa Steven "Tepeng" N. Kaligis?

Ada Suara Steven Coconuttrezz, Toiletsounds Rilis Lagu Baruayojakarta.com

Steven n. Kaligis boleh dibilang sebagai salah satu penggebrak industri musik reggae di Indonesia. Ia pertama kali membentuk band reggae Steven & Coconuttreez pada tahun 2005, yang dirintis dengan A Ray Daulay, Teguh Wicaksono, Iwan,  Rival Himran, Aci, dan Tedy Wardhana.

Setelah 16 tahun berkarier, band ini berhasil jadi salah satu band reggae legendaris asal Indonesia. Tepeng sendiri berpulang pada Selasa (22/6/2021) pukul 07:30 WIB di usia 46 tahun. Kabar duka ini diumumkan di akun resmi band Steven & Coconuttreez. 

"Semoga amal ibadah almarhum diterima disisi Allah WT, dilapangkan dan diterangi kuburnya serta segala kekhilafan almarhum diampuni Allah SWT. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," tulis kabar duka tersebut.

Di Twitter pada hari berpulangnya Steven, tagar 'Rest In Paradise, Tepeng' ramai dicuitkan.

Baca Juga: Meninggal, 10 Perjalanan Karier Tepeng Vokalis Steven & Coconuttreez

Baca Juga: Rest in Paradise! 10 Perjalanan Karier Tepeng Steven & Coconuttreez

Baca Juga: Festival Musik Indie Virtual Siap Digelar, Berikut Line Up-nya!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya