Comscore Tracker

5 Cara Cepat dan Simpel Atasi Masuk Angin

Musim hujan nih, awas masuk angin!

Bandung, IDN Times - Masuk angin telah menjadi kendala tubuh yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Sampai-sampai setiap orang sepertinya punya cara masing-masing untuk mengatasi masuk angin.

Masuk angin tentu mengganggu aktivitas kita, karena tidak hanya bisa membuat kita lemas tapi juga bisa berujung pada deman.

Sebenarnya, gak sulit kok untuk mengatasi masuk angin. Kalian bisa mencoba banyak obat gosok, minuman herbal, hingga membuat ramuan tersendiri untuk mengatasi kendala ini.

Penasaran? Ini lima cara cepat atasi masuk angin:

1. Obat gosok yang mengandung Eucalyptus

5 Cara Cepat dan Simpel Atasi Masuk Anginilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Khasiat tanaman obat eucalyptus sepertinya tak bisa diragukan lagi. Tanaman asal Australia ini memang kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai keluhan, salah satunya tentu masuk angin.

Daun daripada tanaman ini bisa dikeringkan, dihaluskan, dan disuling hingga menjadi minyak esensial. Minyak inilah yang jadi cikal-bakal produk kesehatan berbahan eucalyptus.

Karena berbagai khasiatnya, kamu bisa memilih obat gosok atau balsam dengan kandungan eucalyptus oil, menthol dan camphor untuk meringankan gejala masuk angin. Caranya mudah kok, yaitu dengan digosokkan dan dipijat ke dada dan punggung.

2. Manfaatkan humidifier

5 Cara Cepat dan Simpel Atasi Masuk Anginilustrasi air humidifier (medicalnewstoday.com)

Jika di rumah memiliki humidifier, kamu sebenarnya bisa memanfaatkannya untuk mengatasi masuk angin. Seperti yang kita tahu, humidifier memang berfungsi untuk menambah kelembapan udara di dalam ruangan.

Selain itu, humidifier juga dipercaya bisa meredakan hidung tersumbat sebagai salah satu dampak dari masuk angin.

3. Ramuan dan obat-obatan

5 Cara Cepat dan Simpel Atasi Masuk AnginAntangin Jahe Merah (IDN Times/Istimewa)

Salah satu cara paling ampuh dan umum yang ditempuh ketika masuk angin ialah dengan mengonsumsi berbagai macam ramuan yang dijual bebas. Ramuan atau bahkan obat-obat masuk angin pada umumnya dapat dibeli di apotek tanpa memerlukan resep dokter.

Di antara deretan obat masuk angin, Antangin (produksi PT Deltomed Laboratories) sepertinya menjadi pilihan yang populer. Salah satu produk mereka yang dikenal ampuh mengatasi masuk angin ialah Antangin JRG + Jahe Merah dalam bentuk tablet.

Antangin JRG + Jahe Merah Tablet merupakan tablet herbal dengan kandungan jahe merah, jahe emprit, royal jelly, dan ginseng yang diklaim efektif dalam meredakan masuk angin, mual dan kembung, sakit kepala, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

“Semua produk kami diproduksi dengan standar good manufacturing practices (GMP) dan cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB). Kami juga memastikan produk-produk kami tidak mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG), karena terbuat dari 100 persen bahan herbal,” kata Chief Business Development and R&D PT Deltomed Laboratories, Victor S. Ringoringo, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Sabtu (22/10/2022).

4. Istirahat yang cukup

5 Cara Cepat dan Simpel Atasi Masuk Anginilustrasi tidur (pexels.com/cottonbro)

Masuk angin dapat menyebabkan pusing, lemas, dan pegal-pegal. Untuk mengatasinya, salah satu cara paling simpel ialah dengan beristirahat yang cukup.

Jadi, cobalah hentikan sejenak aktivitasmu untuk istirahat penuh. Gak ada salahnya kok meluangkan sedikit waktu untuk memanjakan tubuhmu dengan mengistirahatkannya.

5. Bawang putih

5 Cara Cepat dan Simpel Atasi Masuk Anginilustrasi menumis bawang putih dan bawang bombay cincang (ohmyfoodrecipes.com)

Di sisi lain, kamu pun bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengatasi masuk angin. Bawang putih, menurut penelitian, kaya akan senyawa allicin yang sangat baik untuk meningkatkan kondisi tubuh.

Sebenarnya kamu bisa saja memakan langsung bawang putih yang telah dikupas dan dibersihkan. Tapi, agar tak terasa menyiksa, sebagian orang mengolah terlebih dahulu bawang putih menjadi berbagai macam masakan.

Baca Juga: 6 Doa Bala, Doa Andalan agar Selalu Dilindungi oleh Allah SWT

Baca Juga: Musim Hujan Lebih Awal, Studi Bencana UGM: Jangan Ada Korban Jiwa 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya