Setara Entertainment Buka Program Empowerment For Inclusivity

Berikan kesempatan disabilitas di industri kreatif digital

Bandung, IDN Times - Setara Entertainment merupakan salah satu ekosistem industri kreatif dari Setara Berdaya Group, bekerja sama dengan salah satu perusahaan teknik, rekayasa global, dan pengadaan yang ada di Indonesia dan Alunjiva Indonesia, Setara Entertainment telah menyelenggarakan program pelatihan Content Creator untuk disabilitas yang bertajuk “Empowerment for Inclusivity”.

Pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan kesempatan akan keterlibatan Disabilitas di Industri Kreatif Digital sebagai content creator. Program ini dilakukan secara offline selama dua hari yang dilanjutkan
dengan pendampingan secara online.

Harapannya peserta pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas serta kapabilitasnya di bidang industri kreatif dan digital serta mampu menciptakan diversifikasi lapangan kerja mandiri di era 4.0.

1. Sebanyak 10 peserta disabilitas terpilih langsung ikut pelatihan

Setara Entertainment Buka Program Empowerment For InclusivityIDN Times/Istimewa

Lebih dari 63 pendaftar dari area Jabodetabek dan Pulau Jawa yang kemudian diseleksi dan terpilih 10
peserta penyandang disabilitas yang mengikuti pelatihan. Beberapa tahapan seleksi dilalui oleh peserta, mulai dari screening data, screening media sosial, hingga In-depth Interview. Hal ini guna mencari kandidat yang sesuai dengan minat, bakat, serta potensi pengembangan personal disabilitas di bidang industri dan kreatif.

Dari hasil seleksi tersebut, pelatihan ini berhasil memenuhi kebutuhan program
sebanyak 10 penyandang disabilitas dari ragam disabilitas serta berbagai bidang, mulai dari Daily Vlog, MC, Make up Artis, Atlit, Difableprenur, Penulis hingga Kesenian.

Peserta Content Creator yang telah terpilih, telah mengikuti pelatihan selama 2 (dua) hari dengan pembelajaran modul serta praktik yang berkaitan dengan pengembangan personal branding, teknik
pembuatan konten dan juga sesi foto untuk profesional profiling sebagai talenta disabilitas di media sosialnya.

Guna mendukung pelatihan dapat berjalan dengan efektif, tim trainer dibantu oleh tim
fasilitator dalam mengarahkan, mengevaluasi, dan memonitor peningkatan kemampuan peserta pelatihan dari awal hingga akhir program.

2. Membangun dunia yang berbeda

Setara Entertainment Buka Program Empowerment For InclusivityPelaku UMKM sedang mengikuti pelatihan fotografi produk di Rumah BUMN BRI Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Pada acara pembukaan program yang bertempat di The H Tower, Impact Hub Jakarta, Jakarta beberapa pihak terkait hadir untuk turut membuka program. Beberapa yang hadir adalah Pimpinan salah satu perusahaan teknik, rekayasa global, dan pengadaan yang ada di Indonesia, Nicky Clara selaku Founder Setara Entertainment, beserta 10 peserta program.

Dalam acara launching program ini, seluruh pihak diharapkan dapat bersinergi dalam penciptaan ekosistem masyarakat yang inklusif di bidang industri kreatif digital, khususnya bagi disabilitas agar dapat memperoleh akses kesempatan yang setara terhadap pengembangan personal maupun
pengembangan keahlian dalam industri digital dan kreatif.

Pimpinan salah satu perusahaan teknik, rekayasa global, dan pengadaan di Indonesia mengatakan, inisiatif ini telah sejalan dengan nilai dan misi yakni membangun Dunia yang Berbeda. Dimana Profesional BV Jakarta ditantang untuk selalu bertanya pada diri sendiri apa yang bisa kita lakukan lagi untuk berkontribusi terhadap komunitas.

Hal ini telah mendorong beberapa project CSR dalam beberapa tahun terakhir, dan tahun ini kita terus melanjutkan kerja sama dengan AlunJiva dalam memberdayakan komunitas disable dan untuk mendukung penciptaan dunia kerja yang lebih baik dan
inklusi bagi semua.

"Kami sangat bangga terhadap semua peserta program, dan kami terus terinspirasi oleh keberanian dan tekad mereka. Hal ini memberikan contoh nyata bahwa kita bisa mencapai tujuan apabila kita secara aktif menjalankan misi kita dan nilai-nilai luhur kita bersama," ujar dia.

3. Disabilitas berhak mendapatkan keterlibatan di industri kreatif digital

Setara Entertainment Buka Program Empowerment For InclusivityPexels

Nicky Clara, Founder Setara Entertainment Indonesia menambahkan, ketika membahas terkait dengan inklusif, bukan hanya berfokus pada perempuan dan disabilitas saja namun bagaimana memastikan keterlibatan seluruh pihak dalm proses pembentukan lingkungan yang inklusif.

Hal inilah yang mendasari Setara Entertainment hadir untuk berkontribusi menjembatani bentuk keterlibatan teman disabilitas di industri kreatif digital.

"Besar harapannya, melalui pelatihan tercipta role model disabilitas di industri kreatif digital dengan semangat inklusifitas dan keberlanjutan," ujar dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya