Ridwan Kamil Kembali Prihatin Kepala Daerah di Jabar Tersangka Korupsi

KPK tetapkan wali kota Tasikmalaya tersangka korupsi DAK

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali prihatin setelah kepala daerahnya ditetapkan tersangka dan terlibat kasus dugaan korupsi oleh KPK. Padahal, selama ini, Emil selalu mewanti-wanti kepada seluruh kepala daerah di kabupaten kota untuk mengedepankan integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas.

"Saya atas nama Gubernur Jabar sangat prihatin mendengar kabar hari ini yang beredar terkait penetapan tersangka Wali Kota Tasikmalaya oleh KPK. Di berbagai kesempatan saya selalu mengingatkan tentang tiga nilai dalam menjadi pemimpin. Satu menjaga integritas, kedua melayani sepenuh hati, tiga profesionalisme," ujar Ridwan Kamil, Kamis(24/4).

1. Persoalan wali kota Tasikmalaya diserahkan sesuai hukum

Ridwan Kamil Kembali Prihatin Kepala Daerah di Jabar Tersangka KorupsiIDN Times/Galih Persiana

Emil menyebutkan, kasus dugaan korupsi yang menimpa Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman akan diselesaikan berdasarkan prosedur hukum yang berlaku. Dalam hal ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan menangani dugaan korupsi yang menjerat wali kota tersebut.

Menurut dia, hukum yang akan diberlakukan tentunya akan sangat adil kepada siapapun. "Karena hukum panglima tertinggi dalam menentukan sebuah rasa keadilan," ujar Emil.

2. Kepala daerah lain di Jabar harus instropeksi diri

Ridwan Kamil Kembali Prihatin Kepala Daerah di Jabar Tersangka KorupsiIDN Times/Galih Persiana

Dia berharap, dari kejadian ini dapat dijadikan bahan instrospeksi oleh para kepala daerah lainnya. Itu agar tak ada kejadian serupa terulang kembali. Dengan begitu, visi Jabar sebagai provinsi termaju bisa dihadirkan dengan integritas yang sangat kuat.

"Saya kira karena ini masih berita baru kita tunggu saja perkembangannya melalui media dan kita serahkan segala sesuatunya sesuai prosedur hukum yang kita percayai," paparnya.

Baca Juga: Korupsi Dana Perimbangan, Wali Kota Tasikmalaya Jadi Tersangka 

3. Pelayanan masyarakat di Tasikmalaya tetap berjalan

Ridwan Kamil Kembali Prihatin Kepala Daerah di Jabar Tersangka KorupsiIDN Times/Galih Persiana

Emil berharap, warga Kota Tasikmalaya agar tetap menjaga kondusifitas. Selain itu, juga menyerahkan penanganan kasus tersebut pada yang berwenang.

Persoalan roda pemerintahan, pejabat daerah juga tetap bisa bekerja seperti biasa dan melayani masyarakat Tasikmalaya dengan baik.

Baca Juga: Ditetapkan Tersangka, KPK Geledah Kantor Wali Kota Tasikmalaya

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You