NasDem Kecam Keras Penyebar Kondom Bergambar Jokowi-Ma'ruf Amin

Kampanye hitam kembali serang Jokowi

Bandung, IDN Times - Partai NasDem mengecam keras praktik-praktik biadab tanpa etika dalam kampanye dengan menyebarkan fitnah berupa foto kondom bergambar pasangan capres-cawapres pasangan 01, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin. Polisi diminta segera mengusut penyebaran foto tersebut karena sudah kelewat batas.

Wakil Sekjen Bidang OKK (Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan) DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim mengatakan, pelaku yang dengan sengaja membuat konten tersebut merupakan tindakan yang tidak beretika.

Ia mengaku, heran kenapa pasangan Jokowi-Ma'ruf selalu menjadi sasaran kampanye hitam oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. 

1. Paket kondom bergambar Jokowi-Ma'ruf beredar di medsos

NasDem Kecam Keras Penyebar Kondom Bergambar Jokowi-Ma'ruf AminIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Politisi NasDem itu mengatakan penyebaran foto kondom tersebut pasti dilakukan secara sengaja untuk merusak citra Jokowi-Amin. Tidak ada argumen lain kecuali bahwa penyebaran kondom itu sebuah bentuk pembusukan citra paslon Jokowi-Amin.

"Cara-cara biadab dan tidak beretika seperti itu tidak boleh ada toleransi sedikitpun. Harus dibasmi. Tidak boleh berkembang menjadi budaya politik di Indonesia," ujar Taslim lagi.

Ia mengungkapkan, tindakan kampanye hitam ini diketahui beredar dan ramai di masyarakat melalui media sosial (medsos) beberapa hari terakhir. 

2. Kecam keras perilaku kampanye hitam

NasDem Kecam Keras Penyebar Kondom Bergambar Jokowi-Ma'ruf Amin

Wakil Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin ini juga menegaskan, NasDem mengecam sangat keras perilaku kampanye seperti itu. Kampanye model itu sudah tergolong hitam dan kotor dengan niat menjatuhkan lawan.

Bahkan kader NasDem tersebut mencurigai, praktik kampanye kotor seperti itu tidak hanya merusak citra paslon nomor urut 01, tetapi lebih jauh berniat memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa dan negara Indonesia. Bukan tidak mungkin cara-cara seperti itu akan membangkitkan fanatisme paslon kemudian masyarakat diadu domba dan pecah belah.

"NasDem berharap polisi harus sangat serius mengusut ini. Siapapun pelakunya harus dihukum. Kalau pun rakyat biasa,tetap harus diproses. Jangan sampai dimaafkan dengan alasan mereka hanya diperalat," katanya lagi.

3. Pemilu harus berlangsung sehat

NasDem Kecam Keras Penyebar Kondom Bergambar Jokowi-Ma'ruf AminArafki Farhan

Semestinya, tambah Taslim, pemilihan umum, baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden merupakan wahana demokrasi yang bermoral, beretika dan sehat serta jauh dari praktik-praktik kebiadaban. Masa kampanye, khususnya kampanye pilpres, harus menjadi momentum pemaparan program, visi dan misi para kandidat agar publik mempunyai gambaran mengenai para calon pemimpin. Bukannya merusak sendi-sendi demokrasi dengan cara menyebarkan fitnah yang keji tidak bermoral seperti ini.

"Kita sungguh-sungguh mengecam bahkan mengutuk praktik seperti ini. Sudah melewati batas. Tidak beretika sama sekali. Karena itu penegakan hukum harus berjalan," tegasnya.

4. Minta polisi turun tangan

NasDem Kecam Keras Penyebar Kondom Bergambar Jokowi-Ma'ruf AminANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

NasDem mengingatkan agar aturan hukum dan etika ada di atas segalanya. Pertarungan, kontestasi tetap harus dalam bingkai aturan-aturan dan kaidah demokrasi. Jangan memberikan ruang kepada pihak ke tiga atau ke empat menciptakan air keruh untuk mengadu domba masyarakat.

"Kita harus menjaga agar kontestasi ini berjalan di dalam koridor demokrasi dan aturan hukum. Sekali kita bermain fitnah, menyebarkan hoax dan sejenisnya, pihak ke tiga atau ke empat akan dengan mudah menumpangnya. Kita yang saling tuding, saling tuduh," katanya lagi.

Taslim kembali meminta polisi untuk secepatnya menyelidik penyebaran foto kondom tersebut dan membawanya ke meja hijau.

"Agar menjadi pelajaran bagi siapa saja bahwa setiap tindakan ada konsekwensi hukum. Jangan mudah disuruh-suruh dengan iming-iming tertentu," pungkas politisi NasDem itu.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya