Minat Baca Masih Rendah, Hero Grup Donasikan Buku untuk Negeri 

Minat baca warga Indonesia di peringkat ke 62 dari 70 negara

Bandung, IDN Times - Masih rendahnya minat baca di Indonesia tidak menyurutkan sejumlah pihak untuk terus menggenjot semangat baca anak demi terciptanya kualitas pendidikan yang lebih baik.

Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019 yang menempatkan minat baca masyarakat Indonesia pada ranking ke 62 dari 70 negara, atau posisi 10 negara terbawah.

1. Donasikan Buku untuk Negeri kepada Dinas Pendidikan Kota Depok

Minat Baca Masih Rendah, Hero Grup Donasikan Buku untuk Negeri IDN Times/Istimewa

Masih rendahnya minat baca di Tanah Air ini menjadi perhatian HERO Supermarket Tbk (Hero Grup) dengan mendonasikan sejumlah buku kepada Dinas Pendidikan Kota Depok. Program Buku Untuk Negeri dilakukan bertepatan dengan memperingati hari Buku Nasional yang jatuh pada 17 Mei 2021, lalu.  

Seremoni penyerahan buku donasi dilakukan secara simbolis bersama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok pada Kamis, 20 Mei 2021.

“Kami menyadari pentingnya mendorong semangat baca anak-anak Indonesia demi
terciptanya kualitas pendidikan yang lebih baik. Kami berharap inisiatif ini dapat
menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat, khususnya anak-anak sejak usia dini.” ujar Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk, Diky Risbianto dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis(20/5/2021).

2. Mengajak pelanggan ikut menyumbangkan buku melalui Program Buku untuk Negeri

Minat Baca Masih Rendah, Hero Grup Donasikan Buku untuk Negeri IDN Times/Indah Permata Sari

HERO Group mengajak pelanggan, team member dan komunitas untuk menyumbangkan
buku bacaan melalui dropbox yang telah disediakan di gerai-gerai Hero Supermarket dan Giant yang tersebar di wilayah Indonesia mulai tanggal 12 April hingga 17 Mei 2021.

Melalui program ini, lebih dari belasan ribu buku bacaan yang telah terkumpul akan disalurkan kepada yayasan dan taman bacaan di seluruh Indonesia. Sementara untuk hasil donasi wilayah Jabodetabek, penyerahan buku secara simbolis dipusatkan di salah satu sarana Home Children Learning Center yang dikelola oleh Human Initiative, dimana HERO Group bekerja sama dalam pelaksanaan program ini.

Program “Buku untuk Negeri” ini merupakan rangkaian dari program Hero Books of Happiness yang bertujuan untuk menumbuhkan dan mendorong minat baca anak sekaligus mendukung kegiatan pembelajaran di berbagai wilayah Indonesia.

Hero Books of Happiness sendiri merupakan salah satu program dari pilar Pendidikan CSR HERO Group yang menjadi komitmen HERO Group dalam mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan literasi dan taraf pendidikan di Indonesia.

“Saat ini anak-anak usia sekolah lebih mengenal dengan handphone. Maka kami juga
menggunakan sosial media untuk mengkampanyekan minat baca ini dengan membuat berbagai aktivitas seperti menceritakan buku favorit yang pernah dibaca. Kami berharap hal ini akan membangkitkan semangat membaca dan masyarakat mendapat referensi buku menarik yang dapat dibaca”. Tutup Diky

3. Terus tingkatkan minat baca anak Indonesia sebagai penerus bangsa

Minat Baca Masih Rendah, Hero Grup Donasikan Buku untuk Negeri IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Dinas Pendidikan Kota Depok memberikan apresiasi kepada HERO Group atas terselenggaranya program dan dukungan gerakan peningkatan minat baca yang dinilai inspiratif dan memberikan manfaat untuk masyarakat khususnya anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus bangsa.

“Harapan Pemerintah Kota Depok dan Dinas Pendidikan program Donasi Buku Untuk Negeri ini dapat ditingkatkan lagi di masa mendatang, begitu juga dengan peningkatan kerja sama dengan Taman Bacaan Masyarakat yang ada di Depok”. kata Kasi Dikmas Dinas Pendidikan Depok, Bambang Pramudiyono.

Selain di Depok, HERO Group juga menyalurkan donasi buku secara serentak ke berbagai yayasan dan taman baca di seluruh Indonesia pada hari yang sama.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya