Comscore Tracker

Mengintip Ruang Kerja Habibie di Lantai 9 PT Dirgantara Indonesia

Ruangan ini penuh sejarah dan semangat dirgantara

Bandung, IDN Times - Kepergian Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie pada Rabu(11/9), meninggalkan duka bagi seluruh masyarakat di Tanah Air. Banyak kenangan yang muncul setelah sosok yang dijuluki Mr Crack ini menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 18.05WIB, kemarin.

Kenangan dan memori itu semakin kuat saat berada di ruang kerja Lantai 9, Gedung Pusat Manajemen (GMP) PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Kota Bandung. Di lantai 9 ini terdapat ruangan Presiden Direktur PT DI dan tentunya bagi yang pernah ke ruangan ini akan melihat cita-cita yang diinginkan BJ Habibie terhadap Bangsa Indonesia. 

Sosok BJ Habibie seakan melekat dengan PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) yang kini bernama PT Dirgantara Indonesia. Sebab, Habibie menjadi salah satu sosok yang mewujudkan hadirnya industri pesawat terbang di Indonesia saat itu.

PT IPTN berdiri pada 26 April 1976. Setahun kemudian, BJ Habibie langsung menjadi pejabat tertinggi  di perusahaan tersebut dengan posisi Presiden Direktur. Tentu saja, dengan pemikirannya yang jenius serta memiliki cita-cita untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia dengan konektifitas melalui sara industri pesawat terbang, Habibie memiliki ruang kerja.

Seperti apa ruang kerja yang pernah menjadi tempat BJ Habibie mengembangkan pesawat N250 Gatot Kaca? Yuk, simak bersama.

1. Memori di lantai 9

Mengintip Ruang Kerja Habibie di Lantai 9 PT Dirgantara IndonesiaIDN Times/Yogi Pasha

Presiden Direktur PT Dirgantara Indonesia (DI) Elfien Goentoro mengatakan, ruang kerjanya saat ini merupakan ruangan yang sama ketika BJ Habibie menjadi orang pertama di PT IPTN pada 1978 hingga 1998.

Di lantai ini, terdapat sejumlah ruangan yang bisa digunakan untuk rapat, menerima tamu, ruang kerja, ruang makan, dan kamar tidur. Menurut Elfien, sejak PT IPTN berdiri hingga saat ini, tidak banyak perubahan yang dilakukan terhadap ruang kerjanya.

Seluruh perlengkapan mulai dari lukisan, foto, kursi, hingga kerja merupakan peninggalan para pemimpin dan pendiri PT IPTN yakni BJ Habibie.

"Ya, Ini adalah ruangan yang pernah digunakan Habibie saat menjabat sebagai direktur PT IPTN. Hampir tidak banyak perubahan, mulai funiture, posisi meja, hingga lukisan BJ Habibie," kata Elfien. 

2. Lukisan Habibie

Mengintip Ruang Kerja Habibie di Lantai 9 PT Dirgantara IndonesiaIDN Times/Yogi Pasha

Elfien menyebutkan, dalam ruang kerja di lantai 9 terdapat juga sejumlah lukisan yang menggambarkan Habibie bersama pesawat. Salah satunya adalah lukisan karya Basuki Abdullah.

Menurut Alfien, lukisan itu dibuat Alm Basuki Abdullah dimana dalam goresan cat minyak itu menggambarkan semangat BJ Habibie sebagai sosok pengembang industri dirgantara Indonesia hingga akhirnya terwujud IPTN.

"Tanpa IPTN, PT DI tidak akan terwujud," kata dia.

3. Tempat favorit BJ Habibie adalah meja kerja

Mengintip Ruang Kerja Habibie di Lantai 9 PT Dirgantara IndonesiaANTARA FOTO/Jaka Sugiyanta

Ruang kerja Habibie di lantai 9, Gedung Manajemen Pusat PT DI terbilang cukup luas. Selain ada ruang tunggu tamu, rapat, terdapat juga meja kerja utama yang tidak pernah diganti. Konon, meja kerja utama itu menjadi tempat paling favorit BJ Habibie dalam mengembangkan pesawat.

"Meja kerja yang saya gunakan juga masih sama dengan meja yang digunakan Pak Habibie saat itu. Tempat favorit BJ Habibie adalah meja kerja," kata Elfien.

Mengintip Ruang Kerja Habibie di Lantai 9 PT Dirgantara IndonesiaIDN Times/Yogi Pasha

4. Terdapat ruang untuk istirahat

Mengintip Ruang Kerja Habibie di Lantai 9 PT Dirgantara IndonesiaIDN Times/Yogi Pasha

Selain ruangan untuk kerja, di lantai 9 ini juga terdapat tempat BJ Habibie untuk beristirahat. Lokasinya tepat berada di belakang ruang kerjanya. Ruang istirahat BJ Habibie tersebut terbagi menjadi beberapa sekat dengan fungsi sebagai ruang makan dan kamar tidur. 

Di ruang makan ini terdapat satu set meja makan dengan enam kursi berwarna coklat. Modelnya terlihat "kolot". Berdasarkan pengakuan Staf Direktorat Produksi PT DI, Fujiati, funiture yang berada di ruang makan dan kamar tidur itu tidak pernah diganti sejak kepemimpinan BJ Habibie.

Selain ruang makan, di sisi lainnya terdapat ruangan yang berfungsi sebagai kamar tidur. Di kamar itu terdapat fasilitas lengkap seperti tempat tidur, meja kecil, sofa, telfon, serta pendingin ruangan.

Ruangan itu biasa digunakan Habibie untuk melepas lelah atau istirahat di saat bekerja lembur. "Semua barang-barang yang ada di ruangan ini masih sama seperti saat bapak (BJ Habibie) bertugas di sini. Tempat tidur, sofa itu masih sama belum diganti," kata Fujiati.

5. Tempat tidur dengan ukuran BJ Habibie

Mengintip Ruang Kerja Habibie di Lantai 9 PT Dirgantara IndonesiaIDN Times/Yogi Pasha

Fujiati menjelaskan, menariknya tempat tidur yang ada saat ini merupakan memiliki ukuran khusus. Tempat tidur tersebut telah didesain berdasarkan dengan tinggi badan BJ Habibie.

"Itu tempat tidurnya dibuat sesuai dengan tinggi badan beliau. Ini yang kita ubah hanya bed cover dan selimut saja," tambah dia.

Mengintip Ruang Kerja Habibie di Lantai 9 PT Dirgantara IndonesiaIDN Times/Yogi Pasha

6. Kenangan manis para karyawan

Mengintip Ruang Kerja Habibie di Lantai 9 PT Dirgantara IndonesiaIDN Times/Yogi Pasha

Kenangan manis dan memori BJ Habibie itu tidak hanya melekat dari tata letak ruangan di lantai 9 PT DI. Sejumlah karyawan di perusahaan industri pesawat terbang Tanah Air ini juga mengisahkan kenangan manis mereka saat berada di bawah kepemimpinan BJ Habibie.

Sosok BJ Habibie tidak hanya melekat di tingkat manajemen paling atas. Pekerja lain yang memiliki posisi lebih bawah juga merasakan hal yang sama. Seperti pengakuan dari Staf Direktorat Produksi PT DI Fujiati. Menurut dia, sosok BJ Habibie adalah pemimpin yang selalu tersenyum dan ramah kepada karyawannya.

"Dulu itu, tugas saya belakang banget namun terasa banget buat saya kalau beliau sudah enggak ada sekarang. Jadi dulu itu kalau beliau mau rapat Senin dan Kamis itu kan beliau selalu puasa dan kita sudah menyiapkan untuk buka puasa dan segala macamnya. Beliau itu ramah banget selalu tersenyum," jelas Puji.

Menurut dia, sosok BJ Habibie merupakan sosok kebanggan bagi dirinya dan PT DI yang dikenal sebagai pimpinan yang penyabar dan sangat kepada keluarga, khususnya sang istri, Ainun Habibie.

"Kalau saya pastinya merasa sangat kehilangan sosok bapak, yang buat saya bapak itu sangat kita banggakan beliau itu sosok pemimpin yang penyabar dan sayang sekali sama ibu ya," ujar dia.

Mengintip Ruang Kerja Habibie di Lantai 9 PT Dirgantara IndonesiaIDN Times/Yogi Pasha

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You