Ciptakan Millennial Tangguh, Wakaf Salman Cari Kader Pengelola Wakaf Masa Depan

Nazhir Muda sebagai penggerak kemajuan peradaban melalui dakwah

Bandung, IDN Times - Wakaf Salman akan terus mencari millennial tangguh untuk menjadi penggerak kemajuan peradaban melalui aktivitas dakwah Islami. Terutama, melalui pelaksanaan amanah dari para muwakif.

Upaya ini dilakukan dengan menggelar pelatihan Nazhir Muda Salman yang dilakukan secara daring. Acara tersebut di dukung Yayasan Pembina Masjid Salman ITB dan Badan Wakaf Indonesia.

1. Peserta mendapatkan materi literasi wakaf dan pembekalan membangun lembaga filantropi

Ciptakan Millennial Tangguh, Wakaf Salman Cari Kader Pengelola Wakaf Masa DepanInstagram

Dalam pelatihan ini, para peserta Nazhir Muda Salman mendapatkan materi seputar Literasi Wakaf & Pembekalan materi terkait Membangun Lembaga Filantropi, dari Drs. Fatchul Humam, MBA. dan Drs. H. Erie Sudewo.

Ketua Umum Salman ITB Prof Ir Suwarno mengatakan, Nazhir Muda Salman merupakan program khusus dari Wakaf Salman untuk menciptakan generasi tangguh yang melangkah untuk membangun Indonesia. 

"Pesertanya, puluhan pemuda dari 75 masyarakat Indonesia yang termasuk usia produktif dan potensial membangun negeri," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa(9/11/2021).

2. Nazhir Muda akan menjadi kader pengelola wakaf di masa depan

Ciptakan Millennial Tangguh, Wakaf Salman Cari Kader Pengelola Wakaf Masa DepanIlustrasi kegiatan inklusi keuangan ibu rumah tangga. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Suwarno mengatakan, para milenial tersebut akan disasar oleh Wakaf Salman untuk menjadi penggerak kemajuan peradaban melalui aktivitas dakwah Islami. Terutama, melalui pelaksanaan amanah dari para muwakif. 

“Nazhir Muda ini akan menjadi barisan terdepan sebagai kader pengelola wakaf di masa depan," katanya.

Sementara itu, menurut Wakil Ketua I BWI, Dr. Ir. Imam Teguh Saptono, M.M, aktif dan berpartisipasinya peserta nazhir muda di dalam dunia wakaf, sama pentingnya dengan orang-orang yang berjuang di perbankan syariah dan lainnya.

"Karena upaya untuk membangkitkan wakaf oleh semua elemen sedekah adalah sebagai alat pemusnah riba," katanya. 

3. Peserta akan terus mendapatkan pelatihan untuk melancarkan pembangunan negeri

Ciptakan Millennial Tangguh, Wakaf Salman Cari Kader Pengelola Wakaf Masa DepanPexels.com/Fauxels

Ke depannya, para peserta Nazhir Muda Salman akan mengikuti berbagai pelatihan. Baik daring maupun luring. Pelatihan sejak bulan November hingga Desember tersebut, merupakan turut andil Wakaf Salman untuk melancarkan misi pembangunan negeri. Tujuannya yaitu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dari segi pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja. 

Rangkaian tersebut, digelar pada tanggal 6-20 November 2021 untuk kemudian diselenggarakan kembali acara pengukuhan para peserta terpilih ditanggal 4 Desember 2021.

Kegiatan ini diresmikan langsung Wakil Ketua I Badan Wakaf Indonesia (BWI), Dr. Ir. Imam Teguh Saptono, M.M. Acara Nazhir Muda Salman juga dihadiri Ketua YPM Salman Ketua Pembina YPM Salman ITB, Prof. Dr. Ir. Suwarno, M.T. dan Prof. Ir. H. Hermawan Kresno Dipojono, M.T., Ph.D selaku Ketua Pembina YPM Salman ITB. 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya