Comscore Tracker

Begini Sikap Pemkot Bandung Atasi Ancaman Gugatan dari Benny Bachtiar

Gagal jadi Sekda Bandung, Benny bakal gugat wali kota

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung menghormati langkah hukum yang bakal diambil Benny Bachtiar terkait jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung. Langkah hukum yang digunakan Benny Bachtiar terkait persoalan pelantikan Sekda Bandung merupakan haknya sebagai warga negara.

"Mencermati pemberitaan di beberapa media tentang Benny Bachtiar yang akan menggugat Wali Kota Bandung terkait penetapan dan pelantikan Sekda Kota Bandung, itu adalah merupakan hak konstitusionalnya selaku warga negara," Kepala Bagian Hukum Setda Kota Bandung, Bambang Suhari kepada Humas Kota Bandung, Rabu (24/4/2019).

Sejumlah media menyebutkan, Benny Bachtiar akan menggugat Wali Kota Bandung, Oded M Danial terkait dengan pengisian jabatan Sekda Kota Bandung.

Seperti diketahui, Satf Ahli Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kota Cimahi Benny Bachtiar yang sempat menjadi kandidat sekda Bandung berencana melayangkan gugatan kepada Wali Kota Bandung Oded M Danial ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung. 

Tuntutan itu dilatarbelakangi oleh tidak dilantiknya Benny sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung yang sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dimana Benny dinyatakan sudah lolos dalam tahap seleksi dan layak untuk dilantik.

Dia menyebutkan, langkah ini tidak ada kaitannya dengan hasrat untuk duduk sebagai Sekda di Kota Bandung. Namun, lebih kepada kepercayaan dan kewajiban wali kota untuk menjalankan amanat yang telah tertuang dalam surat Kemendagri.

Dalam tuntutan tersebut, kata Benny, dirinya ingin menegakan aturan terkait pelantikan sekda tersebut karena proses seleksi terbuka sekda yang ia ikuti sudah sesuai dengan amanat Undang-undang Aparatur Sipil Negara Nomor 5 tahun 2014 yang independen dan jujur.

"Jangan sampai aturan itu diciderai dengan hal yang tidak perlu karena sudah ada perintah dari pusat (pelantikan) tapi diabaikan. Artinya ini ada pembangkangan terkait perintah undang-undang," kata Benny

Baca Juga: Gagal Dilantik Jadi Sekda Bandung, Benny Bachtiar akan Gugat Oded

Topic:

  • Yogi Pasha

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 08:30:03

Progress: 765.282 dari 813.350 TPS (94.09012%)

Just For You