Comscore Tracker

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Dinyatakan Positif COVID-19

Ia telah jalani isolasi mandiri

Cirebon, IDN Times - Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati dikabarkan positif COVID-19, Rabu (9/9/2020) pagi. Fitria yang juga merupakan Ketua DPC PDIP tersebut, terkonfirmasi positif dari hasil tes usap massal di gedung DPRD pada Senin (7/9/2020) lalu.

Sekretaris DPRD Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya membenarkan kabar tersebut. Saat ini sekretariat DPRD bersama Dinas Kesehatan Kota Cirebon sedang melacak riwayat orang-orang yang berkontak langsung dengan Wakil Ketua DPRD.

“Iya, benar. Dinkes sedang men-tracing ulang siapa saja yang berkontak dengan Bu Fitria untuk dites,” ujarnya melalui sambungan telepon, Rabu (9/9/2020).

1. Melacak riwayat kontak

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Dinyatakan Positif COVID-19Gedung DPRD Kota Cirebon. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Agus pun menyarankan kepada anggota DPRD maupun seluruh kepegawaian di lingkungan Sekretariat DPRD yang pernah berkontak langsung dengan Fitria. Upaya itu dilakukan untuk melacak persebaran virus yang terjadi di gedung DPRD Kota Cirebon. Saat ini, Fitria sedang menjalani isolasi mandiri di rumah pribadinya di perumahan Pilang Setrayasa Kota Cirebon.

“Bagi siapa saja yang merasa pernah kontak langsung dengan beliau (Fitria), mangga menghubungi bagian umum di Sekretariat DPRD untuk didata,” ujarnya.

2. Diketahui dari tes usap seluruh anggota dewan

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Dinyatakan Positif COVID-19Ilustrasi rapat DPRD Kota Cirebon. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Agus mengatakan, tes usap seluruh anggota DPRD pada Senin (7/9/2020) lalu sebagai upaya melacak persebaran COVID-19 di lingkungan DPRD Kota Cirebon, di mana Sekda Kota Cirebon dinyatakan positif pada (4/9/2020). Malam hari sebelum dinyatakan positif, Badan Anggaran DPRD menggelar rapat dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang dipimpin langsung Sekda Kota Cirebon.

"Dari 48 orang yang melakukan test swab di Gedung DPRD, terdiri dari anggota, keluarga, dan pegawai sekretariat DPRD, dari orang dinyatakan positif, yaitu Bu Fitria Pamungkaswati," ujarnya.

3. Tes usap akan kembali dilakukan

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Dinyatakan Positif COVID-19Ilustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Selanjutnya, Sekretariat DPRD akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Cirebon dan Dinas Kesehatan Kota Cirebon akan segera melacak riwayat kontak terhadap orang yang berinteraksi langsung dengan Fitria Pamungkaswati. Baik di lingkungan keluarga, lingkungan kerja, dan aktivitas keseharian yang bersangkutan.

"Dalam waktu dekat kami juga akan menggelar tes swab lagi kepada siapa-siapa saja yang berkontak langsung dengan Ibu Fitria Pamungkaswati," kata Agus.

4. Aktivitas pertemuan langsung dibatasi

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Dinyatakan Positif COVID-19Ilustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Hasil konsultasi dengan pimpinan DPRD, aktivitas lingkungan gedung DPRD akan dibatasi. Di antaranya, mengadakan kegiatan agenda rapat secara daring. Termasuk membatasi kunjungan tamu ke DPRD Kota Cirebon.

"Protokol kesehatan di gedung DPRD akan diperketat. Termasuk di lingkungan sekretariat DPRD. Ini demi kebaikan bersama, agar persebaran virus corona tidak meluas," tutupnya.

Topic:

  • Wildan Ibnu
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya