Comscore Tracker

COVID-19 Meluas, Mobilitas Kereta Api Jurusan Jakarta-Cirebon Dibatasi

Delapan perjalanan dihentikan

Cirebon, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia menghentikan delapan perjalanan kereta api rute Cirebon-Jakarta dan sebaliknya. Pembatalan delapan perjalanan tersebut sebagai upaya intensif pencegahan penularan virus corona atau COVID-19 melalui moda transportasi massal kereta api.

Penyesuaian perjalanan itu diberlakukan untuk KA Argo Cheribon terhitung sejak Minggu (22/3) hingga akhir Maret 2020 mendatang. Di hari pertama, pengurangan jadwal keberangkatan diberlakukan hanya satu kali perjalanan KA. Sementara di hari Senin dan Selasa (23-31/3), sebanyak delapan perjalanan KA Argo Cheribon dihentikan.

"Terhitung hari ini (22/3), perjalanan KA Argo Cheribon akan mengalami penyesuaian dengan pembatalan beberapa perjalanan. Hal ini dikarenakan perkembangan status waspada penyebaran wabah corona," ujar General Manager PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif saat dikonfirmasi IDN Times, Minggu (22/3).

1. KA Argo Cheribon hanya menyediakan 10 perjalanan

COVID-19 Meluas, Mobilitas Kereta Api Jurusan Jakarta-Cirebon DibatasiPenumpang KA check in di Stasiun Cirebon. (Istimewa)

Kendati demikian, masyarakat masih bisa menggunakan jasa layanan transportasi KA Argo Cheribon dengan sepuluh perjalanan yang masih tersedia. Adapun jadwal perjalanan KA Argo Cheribon yang masih beroperasi yaitu;

Keberangkatan Stasiun Cirebon Tujuan Gambir:

1. KA 15 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 06.15 WIB,

2. KA 23 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 08.35 WIB,

3. KA 27 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 14.15 WIB,

4. KA 17 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 16.47 WIB,

5. KA 25 A rgo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 17.30 WIB.

Sementara untuk KA keberangkatan Stasiun Gambir Tujuan Cirebon, tersedia:

1. KA 16 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 10.00 WIB,

2. KA 24 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 12.20 WIB,

3. KA 30 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 18.10 WIB,

4. KA 18 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 20.40 WIB,

5. KA 26 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 21.10 WIB.

2. Di hari normal, KA Argo Cheribon tersedia 18 perjalanan

COVID-19 Meluas, Mobilitas Kereta Api Jurusan Jakarta-Cirebon DibatasiPenumpang KA check in di Stasiun Cirebon. (Istimewa)

Luqman mengatakan, di hari normal perjalanan KA Argo Cheribon tersedia 18 perjalanan. Dengan penutupan sepuluh perjalanan ini, dia berharap bisa membantu memutus rantai penyebaran virus corona yang dibawa oleh penumpang KA dengan mengurangi mobilitasnya.

"Kebijakan ini mendukung kebijakan social distancing yang diterapkan pemerintah di mana masyarakat diminta mengurangi mobilitasnya," ungkap Luqman.

3. Pengurangan perjalanan mengikuti status waspada COVID-19

COVID-19 Meluas, Mobilitas Kereta Api Jurusan Jakarta-Cirebon DibatasiPenumpang KA di Stasiun Cirebon. (Istimewa)

Luqman menejelaskan, penyesuaian perjalanan KA Argo Cheribon ini bersifat sementara mengikuti kondisi perkembangan status waspada mewabahnya virus COVID-19 di Indonesia. Kondisi demikian, PT KAI menyampaikan permohonan maaf kepada para penumpang yang terpaksa harus dibatalkan beberapa perjalanan KA Argo Cheribon tersebut.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada para penumpang. Semoga situasi pandemi ini segera berakhir, dan perjalanan KA bisa kembali normal seperti sedia kala," tuturnya.

4. Pengembalian tiket diberikan 100 persen

COVID-19 Meluas, Mobilitas Kereta Api Jurusan Jakarta-Cirebon DibatasiIlustrasi pengembalian tiket di loket tiket stasiun. (Istimewa)

Bagi para calon penumpang KA yang sudah memesan tiket KA Argo Cheribon yang terkena pembatalan itu, pihak manajemen PT KAI akan menginformasi melalui nomor telepon penumpang yang tertera pada saat pemesanan tiket. PT KAI menjamin akan mengembalikan 100 persen tiket sesuai harga pembelian.

“Kami akan mengembalikan biaya sebesar 100 persen kepada para penumpang KA yang sudah memesan, serta akan menginformasikan mengenai perjalanan KA lain yang masih beroperasi. Itu pun, jika penumpang berkenan,” jelas Luqman.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya