Keren dan Unik, Masjid di Sukabumi Ini Berpagar Aquarium

#RamadanMasaKini Jadi media belajar hingga wisata religi

Sukabumi, IDN Times - Sebuah masjid yang berada di kawasan perkantoran Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) di Jalan Raya Selabintana, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, tampil berbeda dengan gaya arsitektur yang sangat keren.

Sekilas nampak tidak ada yang istimewa dari segi bangunan masjid bernama At-Taqwa ini. Namun ada satu hal yang menyebabkan tempat ibadah tersebut menjadi perhatian publik adalah bentuk pagarnya yang terbuat dari aquarium.

Rupanya sekat pembatas antara halaman luar dengan teras masjid ini bukan berupa tembok atau rangkaian besi seperti kontruksi pagar pada umumnya, melainkan material kaca yang sepenuhnya berfungsi sebagai aquarium berisi berbagai jenis ikan hias, bahkan dilengkapi pula tumbuhan hijau serta gelembung air untuk memenuhi kebutuhan oksigen ikan.

"Pagar ini sengaja dibangun menggunakan konsep Aquasacpe karena berada di lingkungan BBPAT sebagai lembaga yang bergerak di bidang perikanan air tawar," ungkap Wakil Ketua II Dewan Kemakmuran Masjid At Taqwa, Adi Sucipto. Seperti diketahui aquascape adalah sebuah seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan lain sebagainya.

Wakil Ketua II Dewan Kemakmuran Masjid At Taqwa, Adi Sucipto menerangkan pagar pada bangunan masjid ini terdiri dari 15 buah aquarium yang dipasang secara berjajar membentengi halaman depan masjid. "Pagar ini sengaja dibangun dengan menggunakan konsep Aquasacpe, " ungkap Adi Sucipto. Seperti diketahui aquascape adalah sebuah seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan lain sebagainya.

1. Dioperasikan menggunakan mesin pompa

Keren dan Unik, Masjid di Sukabumi Ini Berpagar AquariumIDN Times/Toni Kamajaya

Pagar aquarium sepanjang lebih dari 10 meter ini ditanami beragam ikan hias seperti Gurame putih, Palmas, Koi, Koki, Memphis, Cupang, Platy, Guppy dan Ikan Sapu, bahkan didalamnya dilengkapi pula tumbuhan hijau. Untuk pengoperasiannya aquarium itu menggunakan mesin pompa kecil beserta magnet untuk menggerakan gelembung air sebagai pemenuhan kebutuhan oksigen seluruh ikan

2. Media pembelajaran tentang ekosistem perikanan air tawar

Keren dan Unik, Masjid di Sukabumi Ini Berpagar AquariumIDN Times/Toni Kamajaya

Ada sejumlah alasan yang melatari penggunaan aquarium sebagai pagar pada bangunan masjid ini. Antara lain ditujukan untuk mempertegas akan fungsi BBPAT sebagai lembaga yang bergerak di bidang perikanan air tawar. Disamping itu pembangunan pagar tersebut juga sekaligus untuk mengenalkan kepada publik tentang ekosistem perikanan air tawar, khususnya soal pembudidayaan ikan hias.

3. Jadi obyek wisata religius

Keren dan Unik, Masjid di Sukabumi Ini Berpagar AquariumIDN Times/Toni Kamajaya

Masjid At Taqwa ini dibangun pada tahun 1992, namun konsep pagar aquarium tersebut baru terwujud saat dilakukannya renovasi di tahun 2018 silam. Proses perehabannya menyedot biaya hingga sebesar kurang lebih Rp400 juta. Kini pagar aquarium pada halaman depan Masjid At Taqwa tersebut telah menjadi menjadi daya tarik sebagai obyek wisata religius.

4. Menjadi therapi kesehatan

Keren dan Unik, Masjid di Sukabumi Ini Berpagar AquariumIDN Times/Toni Kamajaya

Nyatanya, keberadaan pagar masjid beraquarium ini telah memberikan banyak dampak positif bagi siapa saja yang datang berkunjung ke lingkungan Masjid At Taqwa. "Bagi saya pagar masjid dengan aquarium berukuran besar dan panjang ini seperti menjadi therapi yang cukup bagus untuk kesehatan, pikiran terasa lebih fres setelah melihat ikan-ikan hias dalam aquarium tersebut," tutur Garis Nurbogarullah, salah seorang warga Kota Sukabumi.

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You