Singapura akan Jadi Rute Baru Penerbangan Internasional BIJB Kertajati

Rencana itu masih dikoordinasikan dengan Kemenhub

Majalengka, IDN Times- Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) berencana untuk menambah penerbangan internasional dari dan ke Kertajati. Setelah Malaysia, ke depan akan ada penerbangan dengan rute BIJB-Singapura.

Rencana tersebut seiring dengan status Singapura yang dinilai menjadi tujuan penerbangan faborit dari Tanah Air. 

"Kami sedang berproses ke beberapa maskapai yang mendorong, mungkin dari Air Asia. Mendorong, mungkin untuk segera membuka layanan atau rute ke Singapura," kata Vice Presiden of Commercial and Technical BIJB Kertajati Ari Widodo Selasa (21/11/2023).

1. Masih dalam proses

Singapura akan Jadi Rute Baru Penerbangan Internasional BIJB KertajatiInin Nastain (IDN Times)/ para calon penumpang masuk ruang tunggu BIJB

Ari menjelaskan, rute baru untuk penerbangan internasional itu masih berupa rencana. Ia menegaskam, saat ini mamajemen masih melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, khususnya Direktorat Angkutan Udara Kementerian Perhubungan.

"Kalau ditanya kapan? Nah, itu yang belum bisa dijawab dengan tepat," kata dia.

Saat ini rencana penambahan rute internasional itu masih dalam proses. Dari koordinasi yang dilakukan, diharapkan rute baru itu bisa dimulai dalam waktu dekat.

"Semua masih berproses, dan proses itu kami jalankan. Harapannya, secepat mungkin bisa dibuka," ujarnya.

2. Tambah moda transportasi dari dan ke BIJB Jateng

Singapura akan Jadi Rute Baru Penerbangan Internasional BIJB KertajatiInin Nastain IDN Times/ penumpang keluar dari terminal BIJB

Di sisi lain, untuk moda transportasi, Ari menjelaskan, akan dilakukan penambahan armada angkutan darat menuju BIJB dari beberapa daerah di Jawa Tengah bagian barat. Rencananya, penambahan itu akan dilakukan untuk daerah Brebes dan Pekalongan.

"Harapannya mungkin satu atau dua pekan ke depan akan dilayani," kata dia.

Selain dari daerah Jawa Tengah, penambahan juga akan dilakukan untuk beberapa daerah di Jawa Barat. "Kemudian juga beberapa tempat di Jabar seperti Subang, itu akan kami tambah," kata Ari

3. Pemprov keluarkan izin 12 angkutan

Singapura akan Jadi Rute Baru Penerbangan Internasional BIJB KertajatiIlustrasi bus damri (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Jabar A. Koswara menjelaskan, pemerintah telah mengeluarkan izin untuk 12 operator angkutan antarmoda. Pemberian izin itu sekaligus bentuk dukungan terhadap operasional BIJB.

"Sehingga angkutan yang menunjang ke dan dari Bandara Kertajati dinyatakan telah siap," kata Koswara.

Terkait tingkat keterisian pesawat sejak resmi pindah dari Husein Sastranegara Bandung pada 29 Oktober, anjut dia, sudah di kisaran 70 persen. Sejak resmi pindah, tingkat keterisian paling besar tercatat pada 3 November 2023  

"Jadi tanggal dengan jumlah penumpang tertinggi yakni sebanyak 2.258 orang," ujarnya.

Sementara itu, hingga saat ini, ada tujuh rute penerbangan domestik dari BIJB yakni Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makasar, Kualanamu atau Medan, dan Palembang. Adapun untuk internasional, baru melayani rute ke Malaysia.

Adapun maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke BIJB yakni AirAsia, Lion Air, Citilink, Super Air Jet, Citilink, dan Malaysia Airlines.

Baca Juga: Transportasi Terintegrasi, Bandung-BIJB Kertajati Hanya Butuh Satu Jam

Baca Juga: Pemprov Jabar Klaim BIJB Sudah Layani 17.000 Penumpang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya