Profil Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat Periode 2018-2023

Saat ini Ridwan Kamil berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum

Ridwal Kamil lahir di Kota Bandung, Jawa Barat dengan nama lengkap Mochamad Ridwan Kamil. Beliau lahir pada 4 Oktober 1971, silam. Saat ini, Ridwan Kamil telah berusia 49 tahun.

Ridwan Kamil kerap dipanggil dengan nama Kang Emil. Dia adalah seorang putra dari pasangan Atje Misbach Muhjiddin dan Tjutju Sukaesih.

Saat ini, Ridwan Kamil menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat untuk periode 2018-2023. Beliau menjabat sejak tanggal 5 September 2018 setelah dilantik langsung Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Sebelum menjadi seorang Gubernur Jawa Barat, Kang Emil menjabat sebagai Wali Kota Bandung pada pemilihan tahun 2013 bersama dengan wakilnya Oded Muhammad Danial.

Mereka merupakan pasangan yang dicalonkan oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerakan Indonesia Raya. Dalam hasil pemilihan suara pada tanggal 28 Juni 2013 lalu, mereka dapat meraih 45,24% suara hingga mutlak menjadi pemenang.

1. Biodata singkat Ridwan Kamil

Profil Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat  Periode 2018-2023IDN Times/Humas Jabar

Nama Lengkap: Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D

Jabatan Saat ini: Gubernur Jawa Barat ke-14

Tanggal Terlantik: 5 September 2018

Tempat dan Tanggal Kelahiran: Bandung, Jawa Barat 4 Oktober 1971

Orang Tua:
1. Ayah : Atje Misbach Muhjiddin
2. Ibu : Tjutju Sukaesih

Istri: Atalia Praratya Kamil

Anak:
1. Emmiril Khan Mumtadz
2. Camillia Laetitia Azzahra
3. Arkana Aidan Misbach

2. Latar Belakang

Profil Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat  Periode 2018-2023IDN Times/Humas Jabar

Sebelum menjabat sebagai kepala daerah, Ridwan Kamil bukanlah seseorang yang mengawali karir di bidang politik serta pemerintahan. Kang Emil lebih di kenal seorang arsitek, dosen dan pengusaha. Melalui perusahaan yang didirikannya bersama dengan teman-temannya, Ridwan Kamil dapat meraih berbagai prestasi.

Urbane, perusahaan milik Ridwan Kamil, telah mendapatkan banyak penghargaan misalnya saja BCI Green Award pada tahun 2009 ata proyek desain rumat botol dari bahan bekas yang mereka ajukan.

Hingga kini, Kang Emil tidak hanya menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Dirinya menjadi Senior Urban Design Consultant SOM, EDAW di Hongkong dan San Fransisco.

3. Riwayat pendidikan dan organisasi

Profil Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat  Periode 2018-2023IDN Times/Humas Jabar

Ridwan Kamil memulai pendidikannya di SDN Banjarsari III Bandung pada tahun 1978. Dirinya lulus pada tahun 1984 dan melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 2 Bandung.

Pasca lulus dari SMP Negeri 2 Bandung pada tahun 1987, Ridwan Kamil kembali bersekolah di salah satu sekolah negeri di Bandung yakni di SMA Negeri 3 Bandung. Beliau berhasil lulus pada tahun 1990.

Ridwan Kamil mengambil gelar sarjana S-1 di Institut Teknologi Bandung dengan mengambil jurusan Teknik Arsitektur pada tahun 1990. Beliau berhasil diwisuda pada tahun 1995. 4 tahun berselang, Ridwan Kamil kembali melanjutkan pendidikannya di University of California, Berkeley, Amerika Serikat dan mengambil jurusan Master of Urban Design pada tahun 1999.

Beliau lulus tepat waktu pada tahun 2001. Tidak berhenti disana, Ridwan Kamil melanjutkan kembali pendidikannya di Dong-a University di Busan, Korea Selatan.

4. Riwayat jabatan

Profil Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat  Periode 2018-2023Ridwan Kamil menghadiri acara Indonesia Millennial Summit by IDN Times (Dok. IDN Times)

Sebelum bergerak dalam dunia politik dan pemerintahan, Ridwan Kamil mengambil pekerjaan professional sebagai arsitek dalam sebuah firma di Amerika Serikat. Pada tahun 2002, Ridwan Kamil kembali pulang ke Indonesia dan mendirikan sebuah perusahaan bernama Urbane.

Urbane bergerak dalam bidang jasa, konsultasi perencanaan, arsitektur dan desain.
Beliau memulai karirnya pada dunia politik dengan menjadi Wali Kota Bandung ke 15 pada tahun 2015 lalu. Kala itu beliau diamanahkan untuk menggantikan Dada Rosada dalam masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kini beliau telah menjadi Gubernur Jawa Barat ke 14 sejak tahun 2018.

Baca Juga: Ridwan Kamil Persilakan Tempat Wisata Buka, Tapi 25 Persen Pengunjung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya