Comscore Tracker

MUI Jawa Barat Imbau Masyarakat Tak Ikut Gerakan People Power

Jangan berlebihan apalagi sampai melanggar aturan agama

Bandung, IDN Times – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mewanti-wanti masyarakat untuk tidak terhasut gerakan apapun selama menunggu keputusan Komisi Pemilihan Umum terkait perhitungan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Ketua MUI Jabar, Rachmat Syafei, mengatakan jika ajakan atas gerakan people power yang tersiar di media sosial cukup meresahkannya.

“Sangat tidak perlu people power itu. Menurut MUI, setiap gerakan atas nama masyarakat harus ada koridor (hukumnya),” kata Rachmat, ketika ditemui wartawan di Kantor BNN Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (7/6).

“Sudah ada Pemilu (yang adil). Tinggal jika menemukan kesalahan, ya proses (Secara hukum). Itu jalan yang terbaik,” tuturnya.

1. Laporkan ke pihak berwajib jika menemukan pelanggaran

MUI Jawa Barat Imbau Masyarakat Tak Ikut Gerakan People PowerIDN Times/Yogi Pasha

Masyarakat yang berminat ikut terjun dalam gerakan people power, adalah mereka yang tidak puas atas hasil perhitungan KPU Pilpres 2019. Ketidakpuasan itu dilandasi oleh banyaknya dugaan kecerobohan hingga kecurangan selama proses perhitungan suara.

Rachmat memahami hal tersebut. Namun, kata dia, ketimbang harus turun ke jalan dan bergerombol menuntut keadilan, lebih baik menyerahkan dugaan pelanggaran itu pada pihak berwajib.

2. Jangan terbawa klaim kemenangan salah satu pasangan Capres

MUI Jawa Barat Imbau Masyarakat Tak Ikut Gerakan People Power(Capres Prabowo Subianto ketika tengah melakukan sujud syukur di depan kediamannya pada 17 April 2019) IDN Times/Irfan Fathurohman

Gesekan yang terjadi di masyarakat, sedikit banyak disumbang oleh berbagai macam informasi, termasuk oleh calon presiden yang mengklaim telah memenangi Pilpres. Sekali pun ada salah satu pasangan calon yang merasa sudah menang, lanjut Rachmat, itu tak berarti apa-apa.

“Kepada seluruh masyarakat, menyikapi hasil Pilpres dan Pileg, khususnya Pilpres, terjadi sedikit kegaduhan. Oleh karena itu kembalilah kita semua pada aturan yang dibuat bersama, yaitu menunggu hasil perhitungan. Jangan berlebihan apalagi sampai melanggar aturan agama. Ada yang merasa sudah menang, dan lain-lain, itu kan baru merasa,” ujar dia.

3. MUI imbau masyarakat Jawa Barat bersabar

MUI Jawa Barat Imbau Masyarakat Tak Ikut Gerakan People PowerIDN Times/Galih Persiana

Menurut Rachmat, sikap terbaik sebagai seorang muslim dalam menunggu hasil perhitungan perolehan suara Pilpres 2019 adalah bersabar. Apalagi terkait kepentingan bangsa dan negara, kata dia, sabar menjadi sebuah keharusan.

“Sekali lagi sabarlah menunggu. Apalagi ini bulan puasa, latihan sabar. Terapkan, praktikkan kesabaran itu dalam segala hal, terutama hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Jadi itu imbauannya,” tutur Rachmat.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya