Mirip UTBK Asli, Zenius Gelar Grand Try Out Berhadiah

Ada hadiah merchandise hingga gadget

Bandung, IDN Times – Siswa-siswi di Indonesia tak lama lagi akan menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Aplikasi layanan belajar online Zenius menyambut agenda pendidikan tersebut dengan menggelar grand try out alias GTO dan dapat diakses secara gratis.

Founder dan Chief Education Officer Zenius, Sabda PS, mengatakan jika timnya telah menyiapkan sistem latihan dan penilaian GTO yang disusun sama persis seperti UTBK asli, di mana jawaban benar akan mendapat skor +2 dan jawaban salah -1.

1. Grand try out berlangsung selama April 2022

Mirip UTBK Asli, Zenius Gelar Grand Try Out BerhadiahInstagram

Sabda menjelaskan, program GTO Zenius akan berlangsung selama empat pekan selama April 2022. Seluruh rangkaian program yang ada di GTO dapat diakses secara gratis oleh siapa saja.

Rangkaian acara GTO terdiri beberapa kegiatan, seperti empat sesi try out pada 9, 16, 23, dan 29 April 2022, kompetisi “Weekly Latihan Soal Challenge” di fitur ZenPractice dengan hadiah menarik untuk peserta dengan skor tertinggi setiap pekannya (11-29 April), serta klinik pembahasan try out, di mana peserta bisa menghadiri live class dengan tutor Zenius untuk membedah soal-soal dari setiap GTO.

Live class ini akan diadakan setiap pekan dari hari Senin-Jumat.

“UTBK merupakan ujian keterampilan berpikir dan pemahaman konsep yang penting dikuasai agar dapat masuk ke perguruan tinggi impian."

"Kami tidak ingin siswa merasa tertekan dalam proses persiapan UTBK, sebaliknya kami percaya bahwa untuk bisa memberikan kemampuan terbaiknya, setiap siswa harus menikmati proses belajar dan memahami betul materi yang mereka pelajari,” kata Sabda dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Senin (28/3/2022).

2. Ada hadiah total puluhan juta rupiah

Mirip UTBK Asli, Zenius Gelar Grand Try Out BerhadiahPexels

Selama persiapan menghadapi try out, siswa dapat mengakses fitur baru ZenPractice yang menyediakan lebih dari 400.000 soal latihan dan pembahasan sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Untuk menyusun soal-soal latihan ini, Zenius telah melibatkan tutor-tutor di bidang sosial humaniora (IPS) juga sains dan teknologi (IPA).

Ketika mengikuti GTO, para siswa dapat mengukur nilai try out, lengkap dengan pembahasannya, agar mereka tahu kesalahan yang dilakukan dan cara memperbaikinya. Selain itu, salah satu fitur yang paling menarik adalah beragam hadiah berupa sertifikat, gadget, dan merchandise dengan total senilai puluhan juta rupiah yang dihadirkan Zenius untuk menambah motivasi peserta dengan skor tertinggi di setiap pekan.

“Program GTO sengaja kami rancang sebagai materi pembelajaran yang dapat memicu kecintaan belajar dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui konsep gamifikasi yang menyenangkan.”

“Kami berharap, dengan penambahan konsep baru berupa kompetisi berhadiah di GTO Zenius tahun 2022, semakin banyak siswa yang terpacu untuk mempersiapkan diri dengan matang,” kata Sabda.

3. Sepak terjang Zenius tahun lalu

Mirip UTBK Asli, Zenius Gelar Grand Try Out BerhadiahIlustrasi UTBK di Untan. (untan.ac.id)

Dalam urusan mempersiapkan UTBK, Zenius memang getol menggelar acara. Pada 2021, Zenius mengklaim 7 dari 10 pengguna layanan premiumnya berhasil lolos UTBK. Capaian itu meningkat 15 persen dari angka kelulusan tahun sebelumnya.

Dari total pengguna yang lolos tahun 2021, sebanyak 40 persen di antaranya diterima di pilihan universitas pertama, sementara 26 persen diterima pada pilihan universitas kedua. Angka ini diperoleh dari survei yang dilakukan Zenius kepada 2.500 lebih penggunanya, dengan margin of error sebesar 2 persen.

“Tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun, kini setiap siswa Indonesia bisa mendapatkan akses yang setara untuk persiapan UTBK di GTO,” kata Sabda.

Baca Juga: 6 Fakta UTBK 2022 Unsoed Purwokerto, Ada Rincian Jurusan dan Syaratnya

Baca Juga: Pendaftaran UTBK SBMPTN Tinggal 19 Hari Lagi!

Baca Juga: Dari Mamikos hingga Zenius, Ini 5 Lowongan Kerja di Perusahaan Startup

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya