Keren! Grab Luncurkan Taksi Online Khusus Perempuan

Inovasi mereka menjawab harapan perempuan

Bandung, IDN Times – Bersamaan dengan Hari Perempuan Internasional yang jatuh tiap 8 Maret, Grab, penyedia layanan transportasi berbasis teknologi, meluncurkan GrabCar for Women. Lewat program tersebut, Grab menjadi yang pertama di Indonesia dalam menyediakan layanan taksi online khusus perempuan, khususnya di wilayah bandung.

Inovasi tersebut merupakan jawaban dari adanya kekhawatiran kaum hawa dalam mengakses jasa transportasi. Memang, tidak bisa dipungkiri, kelompok rentan sering menjadi sasaran dalam melakukan tindak kriminal apalagi dalam situasi di dalam mobil.

Maka itu, Grab berharap layanan baru tersebut dapat menjadi solusi transportasi agar perempuan dapat merasa lebih tenang dan nyaman selama di perjalanan.

1. Ada psikotes untuk mitra pengemudi GrabCar for Women

Keren! Grab Luncurkan Taksi Online Khusus Perempuanilustrasi mengerjakan psikotes (unsplash.com/Ben Mullins)

Menurut Richard Aditya, Director of West Indonesia, Grab Indonesia, mitra pengemudi GrabCar for Women memiliki rekam jejak positif, lulus tes psikologi, dan dibekali dengan pelatihan khusus etika dan tata krama.

Selain itu, serangkaian pemeriksaan juga diterapkan untuk meninjau kebersihan mitra dan armada, termasuk bebas bau rokok maupun bau tak sedap lainnya.

“Kami menyadari bahwa perempuan memiliki kebutuhan dan preferensi tersendiri, termasuk untuk transportasi online.”

“Hal inilah yang melandasi kami untuk menghadirkan layanan GrabCar for Women dengan berbagai parameter tambahan yang secara khusus mempertimbangkan keinginan perempuan akan taksi online yang dapat diandalkan, seperti psikotes bagi mitra pengemudi hingga kriteria ketat untuk mitra dan kendaraannya,” kata Richard, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (8/3/2023).

 

2. Rangkaian psikotes untuk memastikan keamanan penumpang

Keren! Grab Luncurkan Taksi Online Khusus PerempuanKeren! Grab Luncurkan Taksi Online Khusus Perempuan (IDN Times/istimewa)

Dengan profil singkat dari mitra yang tersedia di dalam armada, mitra pengemudi GrabCar for Women dipastikan sebagai mitra terpilih yang telah memiliki sertifikasi pelayanan prima dan lulus psikotes dari Dirsa Consulting, salah satu lembaga psikologi kenamaan di Indonesia.

Ragam edukasi dan pelatihan tambahan wajib pun juga diberikan khusus bagi mitra pengemudi GrabCar for Women guna menambah wawasan mereka akan cara melayani penumpang perempuan dengan baik dan tepat.

“Psikotes yang dilakukan untuk layanan GrabCar for Women merupakan salah satu langkah pencegahan untuk menganalisa kepribadian dan karakteristik para calon mitra pengemudi, termasuk kecenderungan mereka untuk melakukan tindak kekerasan seksual, perilaku menyimpang, maupun tindakan kriminal lainnya,” kata Samsul R. Apriansah, Chief Executive Officer Dirsa Consulting.

Menurutnya, metode tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) pun digunakan untuk mendapatkan hasil tes yang tepat dan akurat.”

3. Pengemudi dan mobil diberi parfum

Keren! Grab Luncurkan Taksi Online Khusus PerempuanIlustrasi Taksi Online (IDN Times/Sukma Shakti)

Di sisi lain, untuk menghadirkan kenyamanan ekstra bagi penumpang, mitra pengemudi GrabCar for Women tidak merokok tembakau maupun rokok elektrik. Mitra juga diwajibkan melakukan pengecekan mobil minimal sekali dalam seminggu untuk memastikan mobil tetap terjaga dalam keadaan bersih.

Tak hanya itu, mereka pun dibekali dengan parfum khusus baik untuk mitra itu sendiri maupun untuk mobil mereka, agar tetap wangi dan bebas dari bau tak sedap.

Checkpoint khusus juga tersedia di kantor Grab Bandung untuk pengecekan komprehensif secara rutin.

Andreas, salah satu mitra pengemudi GrabCar for Women mengatakan bahwa ia senang telah terpilih sebagai mitra untuk GrabCar for Women di Kota Bandung.

“Saat mendaftar, banyak banget tes yang dilakukan, mulai dari tes psikologi sampai tes pake alat khusus untuk mengecek apakah saya merokok. Ada kebanggaan tersendiri bagi saya bisa bergabung jadi mitra GrabCar for Women karena berarti pelayanan saya kepada konsumen selama ini baik dan mobil saya dinilai rapi, bersih, dan wangi,” tuturnya.

4. Daftar 7 kecamatan di Kota Bandung tempat beroperasi GrabCar for Women

Keren! Grab Luncurkan Taksi Online Khusus PerempuanDinas Humas Setda Kota Bandung

Saat ini, layanan GrabCar for Women memiliki lebih dari 350 armada untuk berbagai tipe mobil serta tersedia di tujuh kecamatan di Bandung dengan jumlah armada dan cakupan area yang akan terus bertambah.

Berikut ini daftar tujuh kecamatan dengan ketersediaan GrabCar for Women:

●  Kec. Coblong: Jl. Cihampelas, Jl. Surapati, Jl. Dago

●  Kec. Bandung Wetan: Jl. Mangga, Jl. Riau, termasuk Balubur Town Square (Baltos)

●  Kec. Sukajadi: Jl. Sukajadi (PVJ) sampai Jl. Setrasari, termasuk RSUP dr. Hasan Sadikin (RSHS)

●  Kec. Sumur Bandung: Jl. Asia Afrika, Jl. Aceh, Jl. Kosambi, Jl. Veteran, termasuk Bandung Electronic Center (BEC)

●  Kec. Lengkong: Jl. Lengkong, Jl. Pelajar Pejuang

●  Kec. Regol: Jl. Badan Keamanan Rakyat (BKR), Jl. Pungkur, Tegalega

●  Kec. Cicendo: termasuk Stasiun Bandung

●  Paskal Hyper Square

Baca Juga: Megawati Sebut Pahlawan Perempuan di HUT PDIP, Kode Capres Perempuan?

Baca Juga: 10 Makanan Grab and Go untuk Kamu yang Gak Sempat Bikin Sarapan 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya