46 Jemaah Haji Jawa Barat Meninggal Dunia di Makkah

Alasan meninggal karena kecapekan dan sakit

Bandung, IDN Times – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jawa Barat mencatat 46 jemaah haji asal Jawa Barat yang meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi, selama melaksanakan ibadah haji 2019. Jumlah tersebut merupakan catatan terakhir Kanwil Kemenag Jabar per hari ini.

Seluruh jamaah, kata Jajang Apipudin, Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Barat berasal dari berbagai daerah. “Mulai dari Kota Bandung, Kabupaten Cirebon, sampai Pangandaran juga ada,” ujarnya.

1. Didominasi alasan kelelahan dan sakit

46 Jemaah Haji Jawa Barat Meninggal Dunia di MakkahIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Jajang memastikan bahwa kabar duka tersebut didominasi oleh dua alasan: kelelahan dan sakit. “Tidak ada kecelakaan selama jemaah beada di sana. Semua karena dua faktor itu,” katanya.

2. Dimakamkan di Arab Saudi

46 Jemaah Haji Jawa Barat Meninggal Dunia di MakkahPixabay

Tak satu pun dari 46 jemaah haji 2019 asal Jawa Barat yang meninggal itu dibawa pulang ke Indonesia. Jajang mengatakan, bahwa keluarga mereka di Bandung lebih ingin memakamkan para jemaah yang meniggal itu di Makkah, Arab Suaid.

“Kami juga sudah memberi tahu keluarga dan menyarankan agar segera mengklaim asuransi,” tutur dia.

3. Pemulangan jemaah haji sudah sampai kloter 12

46 Jemaah Haji Jawa Barat Meninggal Dunia di MakkahANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Dari total 97 kloter, hingga berita ini diturunkan jemaah haji yang sudah pulang ke Jawa Barat sudah mencapai 12 kloter. Jika ada informasi terkait meninggalnya jamaah haji, Jajang berkomitmen akan segera mengabarkannya pada keluarga yang ditinggalkan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya