Yana Mulyana Siap Emban Jabatan Wali Kota Bandung Selama 21 Bulan

Peralihan jabatan ini ditentukan DPRD Bandung

Bandung, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana hari ini mulai bekerja menggantikan sosok Oded M Danial yang meninggal dunia, Jumat(10/12/2021). Di hari pertamanya memimpin, Yana langsung melakukan konsolidinasi internal dengan aparatur sipil negara (ASN).

Dia juga mengajak seluruh ASN mewujudkan mimpi dan janji Oded untuk sisa waktu 21 bulan ke depan. Meski nantinya Yana akan duduk sebagai Wali Kota, tapi program yang sudah berlangsung dan disiapkan bakal dijalankan sesuai rencana.

"Untuk (peralihannya) itu sudah ada sistem regulasi, pasti berjalan. Sesuai arahan gubernur, harapan saya juga mari kita sama-sama di sisa waktu mewujudkan mimpi almarhum (Oded)," ujar Yana, Senin (13/12/2021).

1. Cari pendanaan untuk pembangunan Kota Bandung

Yana Mulyana Siap Emban Jabatan Wali Kota Bandung Selama 21 BulanIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam mewujudkan keinginan tersebut, Yana sudah berkomunikasi dengan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, agar mengucurkan anggaran lebih banyak bagi Pemkot Bandung. Keterbatasan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Bandung membuat gerak pemerintah kota terbatas.

"Beliau (Ridwan Kamil) membantu untuk membuka akses ke tingkat yang lebih tinggi di kementerian-kementerian," ujar Yana.

2. Ajak ASN tak berpolitik praktis

Yana Mulyana Siap Emban Jabatan Wali Kota Bandung Selama 21 BulanPixabay.com

Di sisi lain, Yana mengajak para ASN untuk tidak bermain politik dalam pekerjaannya. Keikutsertaan ASN dalam panggung perpolitikan bisa membuat pekerjaan mereka terhambat atau tidak lancar.

Sebab, bisa saja program yang dipersiapkan terganjal karena mereka bermain politik di belakang. Kondisi itu jelas bisa mempersulit pimpinan daerah menciptakan kesejaherataan untuk masyarakat.

"Tapi prinsipnya ASN tidak bolek karena ASN ini bukan jabatan politik. Kami pimpinan kota yang punya jabatan politik itu," kata dia.

3. Bekerjalah untuk kepentingan rakyat

Yana Mulyana Siap Emban Jabatan Wali Kota Bandung Selama 21 BulanGubernur Jabar Ridwan Kamil mengirimkan surat penunjukan Plt Yana Mulyana gantikan Oded M Danial. IDN Times/Istimewa

Hal senada dilontarkan Ridwan Kamil saat datang ke Balaikota Bandung. Dalam apel pagi ini, Emil menegaskan para ASN untuk tidak ikut berpolitik. Lanjut Emil, hal itu dilakukan agar ASN bisa fokus dalam melayani pemimpin politik agar birokrasi dan pelayanan publik tidak terganggu.

"Iya supaya konsentrasi melayani pemimpin politik, kan pemimpin politik sekarang hanya pa Yana (Plt Wali Kota) di Pemkot. Kalau PNS ikut berpolitik, caranya biasanya mesin birokrasinya nggak lancar karena menggeser-geser anggaran memperlambat janji politik program dan lain sebagainya siapapun ini mah," ujar Emil.

Selain itu, lanjut Emil, saat ini pihaknya sudah memberikan surat resmi penunjukan Yana Mulyana menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung untuk periode saat ini yang berakhir pada 2023 nanti.

Nantinya, surat ini akan di tindaklanjuti oleh DPRD Kota Bandung dengan melakukan 3 Sidang Paripurna. Terdiri dari sidang Paripurna pemberhentian Wali Kota yang menjabat, dilanjutkan dengan sidang Paripurna penunjukan Wakil Wali Kota untuk menjadi Plt, lalu sidang Paripurna pemberhentian Wakil Wali Kota.

"Surat itu diproses, Nanti pa yana dilantik secara resmi, baru tahap berikutnya lagi mencari wakil dari partai partai pengusung kira-kira begitu ya, berapa lamanya ya tergantung DPRD nya kalau bisa dalam hitungan kurang dari 3 bulan," bebernya.

Baca Juga: Yana Mulyana Terima Surat Mendagri Terkait Plt Wali Kota Bandung Gantikan Alm Oded

Baca Juga: Oded Wafat, Ridwan Kamil Beri Arahan dan Semangat PNS Pemkot Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya