Sapi Kurban Jokowi di Bandung Dipotong di RPH Cirangrang Besok Pagi

Ada tiga sapi dibeli Jokowi dari peternak Bandung

Bandung, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan hewan kurban di berbagi daerah salah satunya di Kota Bandung. Hewan kurban sapi jenis simental berbobot 1,28 ton dari Presiden Joko Widodo akan dipotong pada hari kedua Iduladha 1445 Hijriah atau Selasa (18/6/2024).

Sapi tersebut dititipkan ke Masjid Agung Bandung dan dibeli dari peternak lokal di Kabupaten Bandung Barat. Informasi pemotongan hewan kurban milik orang nomor satu di Indonesia itu disampaikan Ketua DKM Masjid Agung Bandung Ayi Hasyim Ashari.

Ayi mengatakan, hewan kurban titipan Presiden Jokowi akan disembelih pada Selasa besok di Rumah Potong Hewan (RPH) Cirangrang, Jalan Kopo, Kota Bandung pada pukul 08.00 WIB.

"Besok jam 8 (pagi) di RPH Cirangrang Kopo," kata Ayi melalui pesan singkat kepada jpnn, Senin (17/6/2024).

1. Akan dipotong bersama dengan hewan kurban lainnya

Sapi Kurban Jokowi di Bandung Dipotong di RPH Cirangrang Besok PagiSapi kurban bantuan Presiden RI Jokowi di IKN (IDN Times/Ervan)

Adapun pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, Masjid Agung Bandung menerima hewan kurban sebanyak enam sapi dan tiga domba. Sekretaris Panitia IdulAdha Masjid Agung Bandung Atang Wahyudin menyebut hewan-hewan ini akan disembelih dan dibagikan menjadi seribu bungkus untuk masyarakat umum.

"Ada enam sapi dan tiga domba yang dititipkan ke kami, sapi itu ada dari Pak Presiden (Jokowi), Bank BRI, Bank bjb, Polda Jabar, Baznas, dan Royco ada CSR. Kalau domba dari Bank bjb Syariah, dua lainnya dari warga. Nantinya akan dibagi H+1 1.000 bungkus," ucap dia.

Penyembelihan daging kurban dan pembagiannya sendiri dilakukan pada Selasa (18/6/2024). Nantinya, masyarakat bisa antre sejak pagi untuk meminta seribu kupon yang disediakan. Kupon itu nantinya dipakai untuk menukarkan daging kurban.

2. Beli tiga sapi dari peternak Kota Bandung

Sapi Kurban Jokowi di Bandung Dipotong di RPH Cirangrang Besok PagiSapi kurban bantuan Presiden RI Jokowi di IKN (IDN Times/Ervan)

Tiga ekor sapi milik peternak di Kota Bandung terpilih menjadi salah satu hewan kurban Presiden Jokowi tahun ini. Sapi jenis simental dan limosin tersebut mempunyai bobot sekitar 1,2 ton dan dipilih melalui seleksi yang ketat hingga dinyatakan layak.

"Setelah kami mengajukan dan melalui berbagai proses seleksi itu termasuk kemarin terakhir pengecekan kesehatan bisa lolos menjadi hewan kurban presiden," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung Wilsandi Saefullah di Balai Kota, Rabu (12/6/2024)

Sapi yang diminati Presiden tersebut merupakan milik peternak bernama Vandry Dwitama asal Cibiru Kota Bandung. Ketiganya diberi nama Ganesha, Ragasa dan Gerengseng, dengan berat masing-masing 1.103 kg, 1.130 kg dan 1.188 kg, dibanderol dengan harga Rp100 juta.

3. Sapi akan disembelih di beda tempat

Sapi Kurban Jokowi di Bandung Dipotong di RPH Cirangrang Besok PagiSapi kurban bantuan Presiden RI Jokowi (IDN Times/Ervan)

Ketiga sapi tersebut telah melalui proses seleksi mulai dari proses penjaringan dari level provinsi lalu diperiksa tim kepresidenan mulai pemeriksaan tinggi badan, lingkar badan, sampai pemeriksaan darah untuk diuji di laboratorium.

"Tentunya ini sebuah kebanggaan karena sapi dari peternak asal Kota Bandung terpilih Presiden untuk dijadikan hewan kurban," ucapnya.

Terpilihnya sapi asal Kota Bandung menjadi sapi kurban presiden bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, pada 2022 dan 2023 terpilih juga sapi sebanyak satu ekor. Ketiga dari tersebut akan disembelih di Istana Cipanas, Masjid Istiqlal, dan Masjid Raya Al Jabbar.

Baca Juga: 5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat Bosan Makan Daging Kurban

Baca Juga: Ini Penampakan Sapi Kurban Jokowi di Istiqlal, Beratnya 1.300 Kilogram

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya