Ratusan Tenda Ramaikan Itikaf di Masjid Habiburrahman Bandung

#RamadanMasaKini Mereka datang dari berbagai daerah

Bandung, IDN Times - Memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan, masyarakat muslim berbondong-bondong datang ke masjid untuk melaksanakan itikaf. Salah satu masjid di Bandung yang ramai dijadikan tempat ibadah itikaf yakni Masjid Habiburrahman yang berada di Jalan Kapten Tatanegara.

Dari pantauan IDN Times masyarakat yang ikut beritikaf bukan hanya dari Kota Bandung. Hal ini terlihat dari ratusan tenda yang dibangun di sekitar masjid. Tenda ini didirikan baik di halaman dalam maupun luar masjid.

Panitia Ramadan DKM Masjid Habiburrahman, Nugraha, mengatakan, fenomena ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Sebab hampir setiap tahun pada masa itikaf warga dari berbagai daerah datang ke masjid ini. Mereka berasal dari sejumlah wilayah sekitar Bandung, Jakarta dan Jawa Tengah. Bahkan, menurutnya ada juga yang berasal dari luar Jawa.

"Kemudian ada dari Tangerang, Jakarta, Tasik, Solo, Bekasi, Karawang kemudian ada juga yang dari Batam," kata Nugaraha, Minggu (26/5).

Tak sendiri, mereka yang mendirikan tenda biasanya datang bersama keluarga beranggotakan empat hingga lima orang.

"Itikaf itu adalah bagian dari perayaan Ramadan, jadi persiapan telah dilakukan hampir empat bulan sebelum masuk Ramadan," ujar Nugraha.

1. Setiap tenda ditarik iuran Rp150 ribu

Ratusan Tenda Ramaikan Itikaf di Masjid Habiburrahman BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Nugraha menuturkan, setiap masyarakat yang mendirikan tenda dipersilakan membayar sumbangan sebesar Rp 150 ribu. Uang yang terkumpul kemudian dipergunakan untuk biaya keamanan, kebersihan dan kebutuhan Ramadan seperti takjil.

"Mereka bawa sendiri tendanya dan kita menghitung pertendanya, jadi bisa diperkirakan nanti jamaahnya ada berapa untuk ketersediaan air wudu, takjil dan yang lainnya," kata dia.

2. Datangkan penceramah kondang

Ratusan Tenda Ramaikan Itikaf di Masjid Habiburrahman BandungIDN Times/Abdurrahman

Pihaknya juga telah mempersiapkan sejumlah penceramah kondang untuk mengisi di Masjid Habiburrahman. Namun, kata dia, tidak semua yang masuk ke dalam daftarnya bisa hadir untuk menyapa jamaah yang melaksanakan itikaf.

"Kemarin sudah ada seperti Ustadz Adi Hidayat, dan yang lainnya juga sudah ada dalam daftar," kata dia.

Baca Juga: 5 Amal Ibadah yang Sebaiknya Kamu Lakukan di 10 Hari Terakhir Ramadan

3. Itikaf di Masjid Habiburrahman setiap tahun

Ratusan Tenda Ramaikan Itikaf di Masjid Habiburrahman BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Salah seorang jamaah asal Batam, Aam Komariyah mengaku memang setiap tahunnya selalu mengikuti kegiatan itikaf di Masjid yang dibina oleh PT Dirgantara Indonesia. Aam yang merupakan warga asli Bandung kerap mengikuti itikaf sejak hari pertama.

"Sekalian pulang kampung saja," ujarnya.

Untuk bisa memasang tenda di masjid ini, Aam menyebut harus daftar terlebih dahulu kepada pihak DKM. Beruntung dia masih mendapat tempat karena biasanya tempat untuk memasang tenda banyak dipesan bahkan dari sebulan sebelum itikaf.

Baca Juga: 5 Hal Unik tentang Itikaf Saat Ramadan yang Harus Kamu Tahu

Baca Juga: 7 Barang yang Wajib dibawa saat Itikaf di Bulan Ramadhan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya