Comscore Tracker

Muncul Kasus Positif COVID-19, Disdik Kota Bandung Hentikan PTM di 12 Sekolah

Total ada 54 orang yang terpapa virus corona

Bandung, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menghentikan sementara pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di 12 sekolah. Ini dilakukan usai ada siswa dan guru yang terpapar virus corona dan angkanya di atas lima persen. tes PCR sudah dilakukan kepada 67 sekolah.

Sekretaris Disdik Kota Bandung, Cucu Saputra mengatakan, hasil dari tes PCR tersebut 37 sekolah nol kasus positif COVID-19, 18 sekolah hasil tes PCR berada di angka 1 hingga 5 persen sehingga rombongan belajar yang terpapar dilakukan pemeriksaan dan karantina.

"Sedangkan rombongan belajar yang lain masih bisa melaksanakan kegiatan belajar tatap muka," ujar Cucu, Jumat (22/10/2021).

1. Pemberhentian sekolah sesuai aturan

Muncul Kasus Positif COVID-19, Disdik Kota Bandung Hentikan PTM di 12 SekolahSekda Kota Bandung Ema Sumarna meninjau pelaksanaan simulasi PTM terbatas, Senin (7//6/2021). IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, hasil tes PCR di 12 sekolah menunjukkan berada di angka 5 persen. Sesuai aturan dinas pendidikan harus memberhentikan sementara pembelajaran tatap muka di sekolah tersebut hingga selesai proses pelacakan.

Cucu menambahkan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran tentang tindak lanjut hasil surveilans kepada seluruh sekolah yang menggelar PTM terbatas. Bagi sekolah yang terdapat hasil tes PCR dari 0 hingga 1 persen dilakukan isolasi mandiri kepada yang terpapar dan PTM tetap berjalan.

Sedangkan di angka 1 hingga 5 persen dilakukan isolasi mandiri kepada yang terpapar, mengetes semua rombongan belajar dan karantina semua anggota rombongan belajar. Apabila lebih dari 5 persen maka isolasi mandiri dan PTM dihentikan sementara sampai semua anggota sekolah.

"Berkoordinasi dengan UPT Puskesmas setempat untuk pelaksanaan tindaklanjut secara medis sesuai standae yang sudah ditentukan. Selanjutnya bagi satuan pendidikan yang persentase hasil survailens di atas 5 persen dinyatakan positif untuk menghentikan sementata pelaksanaan PTMT," katanya.

2. Sudah ada 54 orang terdiri dari siswa dan guru positif terpapar virus corona

Muncul Kasus Positif COVID-19, Disdik Kota Bandung Hentikan PTM di 12 SekolahTes acak siswa yang ikuti PTMT di Kota Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Sebanyak 54 orang siswa dan guru yang mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Kota Bandung dinyatakan positif Covid-19 usai mengikuti tes PCR. Angka tersebut bertambah dari yang sebelumnya yang dinyatakan positif 14 orang. 

"Hasil surveilans PTM dari total 2.179 (yang dites) terdapat positif 54 (2,54 persen)," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, dr Ahyani Raksanagara.

3. FAGI imbau seluruh sekolah jangan PTMT dulu

Muncul Kasus Positif COVID-19, Disdik Kota Bandung Hentikan PTM di 12 SekolahANTARA FOTO/Muhammmad Iqbal

Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Iwan Hermawan mengatakan, alinasi pendidikan dan keselamatan anak (PKA) sebenarnya sudah melayangkan somasi ke Presiden Joko Widodo. Somasi itu berisi ermintaan agar PTMT tidak dilakukan dulu demi meminimalisir siswa atau tenaga pendidikan terpapar virus corona

"Dan jika dalam PTM ini ada siswa atau gruru yang terpapa maka kami mendesak pemerintah daerah menghentikan sementara (PTM)," ujar Iwan ketika dihubungi IDN Times, Selasa (19/10/2021).

Penghentian PTMT bisa dilakukan dalam kurun waktu 14 hari. Sembari menunggu sekolah kembali dibuka, dinas kesehatan harus melakukan pengecekan dan pengetesan kembali kepada siswa atau guru. Selain itu harus dilacak dari mana mereka terpapar virus tersebut.

Iwan sangat berharap Dinkes dan Disdik bisa bergerak cepat mengantasi temuan ini. Jangan sampai sekolah yang jadi tempat belajar justru menjadi ruang penyebaran virus corona.

"Kalau sekolah tetap berlangsung takutnya ada siswa atau guru yang sudah terpapar dan jadi OTG (orang tanpa gejala). Kita khawatir virus itu sudah menyebar dan bisa menular kepada keluarga yang ikut PTM," ujar Iwan.

Baca Juga: Siswa-Guru Positif COVID, 11 Sekolah di Bandung Hentikan PTM 

Baca Juga: Siswa dan Guru Positif COVID-19 saat PTM di Bandung Terus Bertambah

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya