Comscore Tracker

Masuk Konsorsium Laptop Merah Putih, ITB Siapkan Tim Terbaik

Pemerintah ingin membuat laptop karya anak bangsa

Bandung, IDN Times - Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam konsorsium untuk memproduksi tablet dan laptop "Merah Putih" dengan merek Dikti Edu. Keinginan ini dicetuskan karena pemerintah berupaya tidak lagi mengimpor barang bidang industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Lantas bagaimana persiapan ITB untuk mewujudkan keinginan pemerintah tersebut?

Rektor ITB Prof Reini Wirahadikusumah Ph.d menuturkan, kegiatan pembuatan laptop Merah Putih dalah konsorsium dari empat perguruan tinggi negeri berbagan hukum (PTN BH), yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Surabaya (ITS), dan ITB. Artinya bukan program perorangan, melainkan institusi.

"Sebagian besar dosen dan peneliti ITB yang memiliki kompetensi yang terkait akan dilibatkan. Tentu tergantung dari dana yang tersedia dan aturan yang berlaku. Ini adalah pekerjaan multi-disiplin, tetapi yang paling banyak adalah dari bidang Teknik Elektro dan Informatika," ujar Reini, Selasa (27/7/2021).

1. Minimal ada 25 peneliti yang disiapkan ITB

Masuk Konsorsium Laptop Merah Putih, ITB Siapkan Tim Terbaik(Ilustrasi gedung ITB) www.itb.ac.id

Menurutnya, jumlah yang akan terlibat cukup banyak untuk mensukseskan program pembuatan laptop ini. Paling tidak dalam setiap tim di PTN anggota konsorsium ada lima koordinator. Mereka akan mengelola kegiatan pengembangan untuk bagian-bagian yang berbeda dari sistem laptop ini. Dan tentunya setiap koordinator ini akan memiliki anggota peneliti dan teknisi.

Ketika setiap bidang mempunyai lima anggota peneliti dan teknisi, maka paling tidak ada 25 orang peneliti dan teknisi di setiap PTN BH.

"Jika, terdapat mahasiswa yang nantinya akan dilibatkan, maka jumlah yang terlibat lebih banyak lagi. Tetapi ini semua sangat tergantung dari dana yang akan dialokasikan oleh pemerintah (Kemendikbudristek)," ujar Reini.

2. Akan ada tim ahli yang fokus pada penelitian, pengembangan, dan rekayasa

Masuk Konsorsium Laptop Merah Putih, ITB Siapkan Tim TerbaikShutterstock/patat

Reini menuturkan, terdapat lima kategori kegiatan dalam tim masing-masing di PTN BH anggota konsorsium, yaitu terkait dengan platform hardware (perangkat keras), platform sistem operasi, software (perangkat lunak) aplikasi, perangkat peripherals, dan komponen.

Masing-masing kategori kegiatan ini membentuk jadi sebuah sub-tim yang memiliki koordinator tim ahli yang akan memiliki anggota peneliti dan teknisi. Tim akan bekerja sama dengan mitra industri untuk sisi produksinya.

"Tim Ahli lebih fokus kepada RDE (penelitian, pengembangan, dan kerekayasaan). Sementara untuk produksinya akan bekerja sama dengan mitra industri, baik lokal maupun multi-nasional," papar Reini.

3. Untuk anggaran seluruhnya tergantung dari Kemendikbudristek

Masuk Konsorsium Laptop Merah Putih, ITB Siapkan Tim TerbaikIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Terkait dengan anggaran yang untuk mempersiapkan laptop ini, Reini menyebut bahwa anggaran seluruhnya akan disediakan oleh pemerintah melalui Kemendikbudristek, baik untuk kegiatan RDE maupun pengadaan laptopnya yang akan diproduksi oleh mitra industri konsorsium.

"Keperluan dana sedang dipersiapkan. Jumlah dana persisnya sebaiknya ditanyakan ke pihak Kemendikbudristek," kata dia.

Baca Juga: Minta Impor Laptop dan Software Disetop, Luhut: Sudah, Cukuplah Itu!

Baca Juga: 5 Alasan Laptop Lebih Cocok untuk Anak Sekolah Ketimbang HP

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya