Kurangi Pencemaran Udara, Pemkot Bandung Galakkan Lagi Program Tanam Pohon

Jangan sampai Bandung udaranya seperti Jakarta ya

Bandung, IDN Times - Polusi udara saat ini tengah menjadi perbincangan hangat masyarakat. Khususnya bagi warga yang selama ini tinggal dan bekerja di Jakarta, polusi udara menjadi momok yang menankutkan karena bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Di Bandung, Pemerintah Kota bakal menggalakan kembali penghijauan untuk menghadirkan kualitas udara yang baik dan sehat. Langkah ini dilakukan dengan menanam ribuan pohon dan menambah ruang terbuka hijau.

Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengintruksikan seluruh aparat kewilayahan untuk lebih rajin menanam pohon

"Kita sudah menggelorakan kepada kewilayahan supaya gerakan penanaman pohon kembali digalakkan," kata Ema di Balai Kota Bandung, Rabu (16/8/2023).

1. Perbanyak area ruang terbuka hijau

Kurangi Pencemaran Udara, Pemkot Bandung Galakkan Lagi Program Tanam Pohonilustrasi taman kota (Unsplash.com/Tusik)

Belum lama ini Pemkot Bandung, telah melakukan penghijauan di Kawasan Jalan Sudirman. Penanamn tersebut diharap menjadi pemicu penghijauan di ruas jalan yang lain.

Merujuk pada Buku Bandung Dalam Angka Tahun 2022 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, di Kota Bandung terdapat 759 taman kota dengan total luas 2.170.134,11 meter persegi.

Pemkot Bandung juga terus menambah Ruang Terbuka Hijau diantaranya dengan hadirnya Ciko Arena 1-5, Wetland Park, Seke Babakan Citereup, berbagai Kolam Retensi dan ruang publik lainnya.

"Nanti Asda 1 memonitor program penghijauan kota bersama DPKP (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman). Konsistensi dalam penyelenggaraan penghijauan. Kita juga akan lakukan penghijauan di Jalan Braga," kata Ema.

2. Ajak warga kurangi aktivitas di luar ruangan yang menimbulkan polusi udara

Kurangi Pencemaran Udara, Pemkot Bandung Galakkan Lagi Program Tanam PohonIlustrasi kemacetan lalu lintas. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sebelumnya, kualitas udara di berbagai Kota besar di Indonesia mengalami pencemaran. Untuk itu, untuk menghindari hal yang sama terjadi di Kota Bandung, Ema mengajak seluruh masyarakat bersama untuk mengurangi aktivitas yang menghadirkan polusi udara.

"Sedikit demi sedikit dengan anggaran yang terbatas, kita lakukan penghijauan kota untuk kualitas udara dan pembangunan kota Bandung yang lebih baik," ujarnya.

3. Kualitas udara di Kota Bandung masih berpolusi

Kurangi Pencemaran Udara, Pemkot Bandung Galakkan Lagi Program Tanam Pohonilustrasi polusi udara dilingkungan rumah (asiapropertyawards.com)

Sementara itu, berdasarkan laman aqair.com mengenai Prakiraan indeks kualitas udara (AQI) di Kota Bandung berada di angka 85 dengan tingkat polusi masuk kategori sedang. Lantas bagaimana cara melindungi dari polusi udara di Kota Bandung?

Untuk kelompok sensitif sebaiknya memakai masker di luar juga harus memulai penggunaan pembersih udara. Kemudian bisa dengan menutup jendela demi menghindari udara luar yang kotor.

"Kelompok sensitif sebaiknya mengurangi aktivitas di luar ruangan," mengutip pernyataan laman tersebut.

Baca Juga: 7 Artis Ngeluh Polusi Jakarta, Curhat Anak Sakit Sampai Doakan Jokowi

Baca Juga: Data Polusi Udara  Nasional Hari Ini, Jakarta Urutan Ketujuh

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya