Comscore Tracker

Kabar Buruk Bagi Warga: Pembangunan Underpass Cibiru Masih Lama

Kemungkinan proyek baru dikerjakan pada 2025

Bandung, IDN Times - Kemacetan di sekitar bunderan Cibiru yang merupakan perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung diprediksi masih terjadi hingga beberapa tahun ke depan. Musababnya, rencana pembangunan underpass atau jalan bawah tanah untuk mengurai kemacetan di daerah tersebut belum bisa dibangun pada 2023 atau 2024.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) III Jawa Barat, Dedy Hariadi mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sebenarnya sudah mengusulkan desain underpass Cibiru. Namun desain tersebut masih kurang dan harus dicek kembali secara seksama.

"Nah desainnya dari dinas Kota Bandung lagi kita review kembali agar bisa diusulkan (anggarannya) tahun depan atau 2024," ujar Dedy ditemui di Balaikota Bandung, Rabu (5/10/2022).

1. Masih ada proyek lain yang diprioritaskan

Kabar Buruk Bagi Warga: Pembangunan Underpass Cibiru Masih LamaIDN Times/Debbie Sutrisno

Dedy menuturkan, pembangunan underpass Cibiru sebenarnya sudah dibicarakan sejak lama oleh Pemkot, Pemprov Jabar bahkan tingkat kementerian. Namun, seiring berjalan, ada proyek prioritas lainnya yang harus dikerjakan oleh pemerintah pusat.

Karena ada pengerjaaan yang harus diutamakan lebih dulu, maka penganggaran proyek underpass Cibiru pun belum tentu bisa masuk tahun depan atau bahkan 2024. Padahal dari hitung-hitungan pengerjaan proyek bisa selesai dalam 12 bulan.

"Untuk desain dulu targetnya sih tahun ini bisa rampung," kata dia.

2. Desain underpass sudah sempat dibuat Ridwan Kamil saat menjabat wali kota

Kabar Buruk Bagi Warga: Pembangunan Underpass Cibiru Masih LamaDesain underpass Cibiru karya Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sendiri sudah sempat membuat desain underpass Cibiru ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Sayangnya desain itu tak berujung pada pembangunan proyek infrastruktur.

Wali Kota Bandung saat ini, Yana Mulyana pun sudah coba berkomunikasi dengan Ridwan Kamil terkait proyek tersebut. Maret lalu, Yana menjelaskan rencana pembangunan underpass Cibiru saat ini telah ada pada tahapan Detail Engineering Design (DED).

Yana mengaku sudah meminta waktu untuk berkomunikasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk membahas rencana tersebut.

"Underpass Cibiru itu saya dengar informasi terakhirnya untuk DED sudah selesai. Makanya saya sedang minta waktu untuk bertemu Kang Emil (Gubernur Jawa Barat) terkait ini. Sebab, biayanya kan cukup besar, sekitar Rp200 miliar, dan kita tidak bisa membiayai sendiri," kata dia.

3. Proyek Cibiru sangat penting untuk mengurai kemacetan

Kabar Buruk Bagi Warga: Pembangunan Underpass Cibiru Masih LamaKawasan Bunderan Cibiru, Kota Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Yana menilai, pembangunan underpass Cibiru menjadi sangat penting dilaksanakan mengingat kepadatan lalu lintas, khususnya pada saat jam selesai perkantoran.

"Itu kan kalau bisa direalisasikan akan sangat berpengaruh pada kondisi lalu lintas di sana. Lagi pula, rencana ini memang sudah lama digagas, saat Pak Gubernur masih jadi Wali Kota Bandung," ujar Yana.

Baca Juga: Resmi Jadi Wali Kota Bandung, Yana Janji Bangun Underpass Cibiru

Baca Juga: Underpass Cibiru, Pakar Ingatkan Pemkot Perhatikan Traffic Engineer

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya