Jalan Braga Bebas Kendaraan Mulai Dilakukan Bulan Mei 

Semoga banyak kegiatan di akhir pekan 

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung meminta dukungan masyarakat dalam penerapan progam Braga Free Vechile (BFH) atau Braga bebas kendaraan. Rencananya pada hari Sabtu dan Minggu di bulan Mei progam ini mulai dilaksanakan.

"Salah satu ikon Kota Bandung adalah Braga. Jalan Braga ingin kita kembalikan lagi kepada fungsi awal. Insyaallah minggu depan (penerapannya). Mohon dukungan dari semuanya," kata Bambang, umat (26/4/2024).

1. Berharap tarik wisatawan ke Bandung lebih banyak

Jalan Braga Bebas Kendaraan Mulai Dilakukan Bulan Mei IDN Times/Humas Pemkot Bandung

Meski masih tahapan perencanaan, Bambang berharap pelaksaan Braga tanpa kendaraan ini mampu berjalan optimal. Dengan tidak adanya kendaraan yang melintas pada akhir pekan diharap masyarakat bisa lebih menikmati kawasan kota tua yang menjadi tempat wisata ini.

"Harapannya simpel saja, Kota Bandung ini kota jasa dan pariwisata. Apa sih yang mau dijual? Salah satu di antaranya untuk bisa menarik wisatawan dan juga untuk warga Kota Bandung. Semua bisa menikmati Jalan Braga yang akan kita uji cobakan di Jalan Braga panjang," ungkapnya.

2. Sudah siapkan berbagai fasilitas termasuk lahan parkir

Jalan Braga Bebas Kendaraan Mulai Dilakukan Bulan Mei IDN Times/Humas Pemkot Bandung

Menurutnya, penerapan tersebut telah melewati kajian yang komperhensif.

"Tentunya ini komprehensif, sudah kita perhitungkan. Termasuk kita persiapkan kantong-kantong parkir dan lainnya. Makanya tolong edukasi kepada publik secara proporsional, bahwa ini adalah keinginan semua," ujarnya.

3. Gubenur Jabar dukung program ini

Jalan Braga Bebas Kendaraan Mulai Dilakukan Bulan Mei Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, saat menghadiri Forum CSR Jabar di Hotel Pullman Bandung, Senin (22/4). (dok. Pemdaprov Jabar)

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin ikut mendukung program ini. Menurutnya, penutupan Braga sebagai jalan setiap akhir pekan pun diharap membuat masyarakat bisa menikmati Braga lebih nyaman dan aman.

Dia tidak melihat akan banyak sisi negatif, justru lebih pada sisi positif karena kawasan ini ke depannya bisa dinikmati sebagai tempat wisata seperti jaman dulu yang minim kendaraan melintas.

"Ini pasti akan ada pro dankontra, tapi gak apa-apa. Yang penting tujuan kita selain menjadikan Braga ini legendanya Bandung, juga mendorong orang untuk pindah ke trasnportasi umum," ungkap Bey.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya