Jabar Siapkan Asrama Haji Bekasi Sebagai Pusat Isolasi COVID-19

Tempat tidur pasien COVID-19 di Jabar terus ditambah

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menyiapkan Asrama Haji Embarkasi Kota Bekasi sebagai pusat isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan. Asrama ini dianggap memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Setiap kamar terdiri dari dua tempat tidur dengan ventilasi yang baik.

"Hari ini saya meninjau kesiapan Gedung Asrama Haji Embarkasi Bekasi untuk dijadikan tempat isolasi mereka yang terpapar COVID-19," kata Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum pun meninjau kesiapan Asrama Haji Embarkasi Bekasi, melalui siaran pers, Kamis (4/2/2021).

1. Manfaatkan tiga gedung dengan kapasitas capai 210 tempat tidur

Jabar Siapkan Asrama Haji Bekasi Sebagai Pusat Isolasi COVID-19Dok. Humas Jabar

Tiga gedung Asrama Haji Embarkasi Bekasi akan digunakan sebagai pusat isolasi. Gedung Mina E yang terdiri dari 75 kamar dengan dua tempat tidur akan digunakan sebagai ruang isolasi.

Pun demikian dengan Gedung D yang terdiri dari 30 kamar tidur dengan dua tempat tidur. Jika ditotalkan, kapasitas tempat tidur bagi pasien COVID-19 mencapai 210 tempat tidur.

"Sedangkan, Gedung Mina C yang terdiri dari 40 kamar akan digunakan untuk tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas," kata dia.

2. Penggunaan asrama diharap menurunkan keterisian

Jabar Siapkan Asrama Haji Bekasi Sebagai Pusat Isolasi COVID-19Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19, ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Uu berharap dengan menyiapkan Asrama Haji Embarkasi Bekasi sebagai pusat isolasi pasien COVID-19, keterisian rumah sakit rujukan di Kota Bekasi dapat menurun.

"Saya menyatakan (Asrama Haji Embarkasi Bekasi) ini sangat layak untuk dipakai. Sekalipun ini di wilayah Jabar. Tapi kalau ada masyarakat luar Jabar, kita masih menerima. Karena kita ini NKRI," ucapnya.

Mantan Bupati Tasikmalaya ini pun mengimbau kepada masyarakat Jabar, khususnya warga Kota Bekasi, untuk terus meningkatkan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabut, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

"Tidak henti kami mengingatkan perketat melaksanakan protokol kesehatan," katanya.

3. Fasilitas di asrama akan dibuat senyaman mungkin

Jabar Siapkan Asrama Haji Bekasi Sebagai Pusat Isolasi COVID-19Dok. Humas Jabar

Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Bekasi Dede Saiful Uyun berujar bahwa Asrama Haji Embarkasi Bekasi sudah sangat siap dimanfaatkan sebagai pusat isolasi pasien COVID-19. Adapun fasilitas yang akan digunakan untuk penanganan COVID-19, sudah dipersiapkan sebaik mungkin, termasuk langkah sterilisasi.

"Mudah-mudahan apa yang telah kita rencanakan dan persiapkan bisa menjadi salah satu aspek untuk mempercepat penanganan COVID-19," kata Dede.

"Kapasitas 210 tempat tidur dari 105 kamar. Penyesuaian setiap kamar terdiri dua bed, juga ada cadangan (ekstra bed), ada tv, kulkas, kamar mandi di dalam, dan sudah steril, termasuk pendingin ruangan," imbuhnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya