Comscore Tracker

IKEA Bandung Resmi Beroperasi, Ridwan Kamil Jadi Pembeli Pertama

Produk UMKM Jabar akan dijual di IKEA Bandung

Bandung, IDN Times - Toko IKEA yang berada di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, resmi beroperasi. Pembukaan toko dilakukan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Setiawan.

Ridwan Kamil mengapresiasi beroperasi toko peralatan rumah tangga asal Swedia tersebut. Toko ini diharap bisa menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar khususnya Bandung dan sekitarnya.

Dia pun ingin IKEA memanfaatkan sumber daya yang ada di Jawa Barat. Hal tersebut terutama dalam memajukan produk lokal untuk bisa dipasarkan.

"Saya sudah mentipkan agar selau melihat potensi lokal, UMKM di Jabar. Kalau ada produk di Jabar tolong dahulukan, kalau enggak ya silakan cari di luar Jabar,"ujar Ridwan dalam prosesi pembukaan toko, Minggu (28/3/2021).

1. Ada satu lantai khusus poduk dari UMKM Jabar

IKEA Bandung Resmi Beroperasi, Ridwan Kamil Jadi Pembeli PertamaIDN Times/Debbie Sutrisno

Di sisi lain, Emil mengapresiasi pengelola toko yang sudah memfasilitasi produk lokal dengan menyediakan satu lantai khusus produk asal Jabar yang telah dikurasi. Di antaranya boneka dan juga matras.

"Jadi ekonomi lokal didahulukan. Plus tadi 300 orang tenaga kerja lokal sudah direkrut, di mana saat ini pandemi ekonomi tengah sulit," kata dia

Dengan pembukaan toko ini, Emil optimistis pertumbuhan ekonomi akan menggeliat kembali, karena sudah berada di level kepercayaan diri yang sangat baik.

Sejauh ini sudah ada dua toko IKEA di Jabar, di mana salah satuny ada di Bogor. Kebeeradaan toko tersebut lebih komprehensif dan mencakup skala yang lebih luas lagi. Pasalnya tidak hanya warga Jabar namun warga di Pulai Jawa lainnya bisa lebih dekat menjangkau toko tersebut.

"Istri saya akan jadi pembeli pertama. Kami sendiri punya historical momen dengan toko ini," ujar dia.

2. Tujuh produk UMKM ditampilkan setiap bulannya secara bergiliran

IKEA Bandung Resmi Beroperasi, Ridwan Kamil Jadi Pembeli PertamaFoto hanya ilustrasi. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Presiden Direktur IKEA Indonesia Patrik Lindvall mengatakan, pihaknya memberikan fasilitas untuk UMKM asal Jabar di Teras Indonesia. Masing-masing UMKM diberikan waktu tujuh UMKM perbulannya dan kemudian akan diganti dengan UMKM lainnya setelah melalui proses kurasi IKEA.

Toko ini perwujudan cita-cita dua tahun lalu, dengan Jabar. Dengan adanya teras Indonesia yang menampung UMKM lokal, akan ada produk dari Jabar yang ditampilkan untuk dijual setiap bulannya.

"7 UMKM perbulan bisa berjualan di sini setelah dikurasi agar pemberdayaan produk lokal di Jabar terus berkembang," ujar dia.

3. Siap menampung 1.000 orang per hari selama pandemik

IKEA Bandung Resmi Beroperasi, Ridwan Kamil Jadi Pembeli Pertamadok. IKEA

Sementara itu, Manajer Toko, Diva mengatakan, karena dibuka di tengah pandemik COVID-19, pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Mulai dari pembatasan pengunjung.

"Pengunjung yang akan berbelanja harus daftar melalui website kami kemudian nanti harus scar QR ketika masik dan juga pulang. Setiap sesinya kami batasi 1000 pengunjung untuk berkunjung selama tiga jam. Dan setiap harinya ada empat sesi," kata dia.

Hal itu dilakukan guna mengontrol kapasitas IKEA. Lainnya pengunjung diwajibkan mengenakan masker dan fasilitas cuci tangan pun disediakan.

Baca Juga: Gak Kalah dari IKEA, 5 Furnitur Produksi Lokal Ini Punya Model Menarik

Baca Juga: Resep Swedish Meatballs ala IKEA yang Populer, Caranya Gampang Lho!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya