Comscore Tracker

Hadir di Acara Nasdem, Ridwan Kamil: Tak ada Hubungan Sama Pilpres 2024

Bisa jadi maju kalau jabatan gubernur sudah selesai

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menghadiri undangan Partai Nasdem dalam acara puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) yang ke-8. Acara tersebut diselenggarakan di JIExpo Convention Centre and Theatre, Jakarta Pusat, Senin (11/11) malam.

Terkait dengan kedatangannya dalam acara tersebut, Emil mengaku, kedirannya dalam undangan tersebut tidak ada hubungannya dengan isu pencalonan dirinya menjadi calon presiden 2024. Dia menyebutkan, kehadirannya hanya untuk menghargai undangan yang diberikan. Terlebih, Nasdem adalah salah satu partai yang sudah mengusungnya dalam Pilgub Jabar 2018.

"Undangan saja. Semua yang diusung Partai Nasdem diundang” kata dia di Kota Bandung, Senin (11/11).

1. Terlalu dini memikirkan Pilpes 2024

Hadir di Acara Nasdem, Ridwan Kamil: Tak ada Hubungan Sama Pilpres 2024Ilustrasi pemungutan suara (Unsplash.com/Element5Digital)

Disinggung mengenai peluangnya pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 yang kemungkinan diusung kembali Nasdem, pria yang akrab disapa Emil ini masih belum mau memikirkan ke arah sana. Dia menyebutkan, tugas sebagai Gubernur Jawa Barat masih memerlukan ekstra fokus.

Meski demikian, ketika tugas sebagai Gubernur Jawa Barat usai bisa saja pikiran itu berubah. Namun, wacana itu akan dilihat menjelang pesta demokrasi dimulai dengan dinamika yang ada.

"Kita fokus yang ada dulu, kita bahas Jawa Barat, kita bahas pembangunan hari ini. Itu pertanyaan ditanyakannya pas menjelang-menjelang (pilpres), jangan sekarang. Terlalu jauh,” kata dia.

2. Ridwan Kamil dan Anies Baswedan hadiri Kongres Nasdem

Hadir di Acara Nasdem, Ridwan Kamil: Tak ada Hubungan Sama Pilpres 2024IDN Times/Muhamad Iqbal

Sebelum pertemuan malam ini, Emil telah menghadiri kongres Nasdem. Selain dia, hadir juga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Momentum itu disinyalir sejumlah pihak sebagai alarm bahwa keduanya bakal dipinang dan dimajukan dalam Pilpres 2024.

Dalam kongres tersebut, Anies bahkan memberikan pidato pembukaan di acara tersebut. Kemunculan Anies di forum itu seolah mengonfirmasi dugaan publik, ia hendak diusung menjadi capres pada Pemilu 2024 mendatang oleh NasDem. Namun, benarkah NasDem hendak mengusung Anies sesuai rumor yang selama ini berhembus?

Ketika dikonfirmasi oleh media pada Jumat (8/11) kemarin, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh tidak menjawab secara gamblang apakah parpol yang ia besut resmi mengusung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 mendatang. Surya menyerahkan keputusan itu sepenuhnya ke tangan Anies. 

"Terserah Bung Anies (mau ikut dalam Pilpres 2024). Kalau dia yakin, barangkali mau maju (pada tahun) 2024. Tanya Pak Anies," kata Surya Paloh.

3. Gerindra tak keberatan jika Anies masuk ke Nasdem

Hadir di Acara Nasdem, Ridwan Kamil: Tak ada Hubungan Sama Pilpres 2024IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Gara-gara kehadiran Anies di kongres Nasdem, Partai Gerindra pun turut buka suara. Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, Muhammad Taufik menyatakan, tidak perlu ada yang diributkan mengenai isu Anies akan didukung partai lain selain Gerindra saat ini.

"Hak partai mengusung siapa saja tergantung kebijakan partai," ujar Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu.

Ketika ditanyakan peluang Anies untuk ikut dalam Pilpres 2024, ia menjelaskan walau mantan Mendikbud itu bukan kader Partai Gerindra, namun mereka sempat mengusungnya ketika terjun dalam Pilkada DKI Jakarta pada 2017 lalu. Gerindra pun tak mempermasalahkan apabila ada partai politik lain yang tengah melakukan penjajakan kepada Anies untuk ikut dalam Pilpres 2024. 

"Kalau diusung orang berarti Gerindra hebat dong," kata Taufik.

Baca Juga: Ridwan Kamil Paparkan Potensi Investasi Jabar kepada Investor Jepang 

Baca Juga: Sinyal Sekda Saefullah Terima Pinangan Gerindra Jadi Cawagub Anies

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya