Comscore Tracker

H-1 Penerbangan via BIJB, Calon Penumpang Ramai Datangi Pool Damri

Tiket bus masih gratis dan diperoleh saat akan berangkat

Bandung, IDN Times - Pool Bus Damri di kawasan Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung mulai ramai dikunjungi para calon penumpang, Minggu(30/6). Kondisi ini terjadi sehari menjelang pemindahan secara resmi sejumlah rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Senin(1/7), besok.

Kedatangan para calon penumpang ke pool Damri di Jalan Kebon Kawung ini untuk mencari informasi mengenai tata cara pembelian tiket bus yang akan mengantarkan mereka dari Kota Bandung, tepatnya di pool Damri langsung menuju BIJB Kertajati, Majalengka.

IDN Times menemui salah satu penumpang, Ahmad Mulyadi, yang datang bersama keluarga. Ketika tiba di pool Damri, dia langsung menuju petugas layanan pelanggan dan mencari informasi terkait dengan pemberangkatan bus ke BIJB.

Ahmad ingin membeli tiket terlebih dahulu karena ditakutkan kehabisan. Namun, setelah cukup lama berbincang, petugas layanan pelanggan menyebut setiap penumpang harus langsung datang dan membeli tiket di tempat sesaat sebelum bus berangkat.

1. Harus mulai beradaptasi

H-1 Penerbangan via BIJB, Calon Penumpang Ramai Datangi Pool DamriDok.IDN Times/Istimewa

Menurut Ahmad, pemindahan akses penerbangan ke luar Jawa dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati merupakan hal yang baik. Terlebih fasilitas di BIJB sudah lebih baik dari Bandara Husein.

Walaupun Ahmad harus menyesuaikan diri dengan pemindahan ini karena biasanya dia hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari rumah menuju bandara, sekarang harus menyiapkan waktu minimal tiga jam lebih awal.

"Karena ke BIJB kan cukup jauh mungkin dua sampai tiga jam. Jadi kalau berangkat penerbangan yang awal harus bangun lebih pagi," ujarnya, Minggu (30/6).

2. BIJB diyakini jadi ikon baru Jawa Barat

H-1 Penerbangan via BIJB, Calon Penumpang Ramai Datangi Pool DamriIDN Times/Debbie Sutrisno

Di sisi lain, Ahmad yang bekerja sebagai seorang konsultan, optimis BIJB bisa menjadi ikon baru daerah Jawa Barat dalam hal penerbangan. Selama ini salah satu bandara besar yang banyak dikenal orang adalah Soekarno-Hatta, tapi ke depan BIJB diyakini mampu bersaing dengan bandara tersebut.

Untuk orang Bandung dan sekitarnya, mereka pun tidak harus jauh-jauh ke Bandara Soekarno-Hatta saat akan bepergian jauh. Sebab BIJB pun ke depan akan menjadi bandara internasional yang menerbangkan pesawat ke banyak daerah termasuk ke luar negeri.

"Dari bandara ini juga harus bisa mengakses ke daerah pelosok di Indonesia," ungkap Ahmad.

3. Berharap Tol Cisumdawu segera rampung

H-1 Penerbangan via BIJB, Calon Penumpang Ramai Datangi Pool DamriKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Sementara itu, Husein, penumpang lainnya, berharap pemerintah segera menyelesaikan proyek pembangunan jalan Tol Cisumdawu yang bakal menjadi akses utama kendaraan dari Bandung dan sekitarnya menuju Majalengka. Akses ke BIJB pun akan lebih cepat karena jalan tol ini akan tembus sampai ke bandara seperti yang dibuat untuk Bandara Soekarno-Hatta.

"Kalau ada jalan tol itu katanya kan bisa cepet, satu jam sampai, itu sangat membantu," ungkap Husein.

Baca Juga: Mulai 1 Juli Dini Hari, Bus Damri Siap Antarkan Penumpang ke BIJB

Baca Juga: Penerbangan Dipindah ke BIJB, Bandung Tetap Jadi Magnet Bagi Wisatawan

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You