GBLA Bisa Dicoret dari Piala Presiden Jika Ada Flare Saat Pertandingan

Bobotoh sempat menyalakan flares saat Persib vs Persebaya

Bandung, IDN Times - Turnamen pramusim Piala Presiden 2022 terancam tak akan berlanjut di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) jika ada pihak yang menyalakan flare atau suar saat laga berjalan. Hal ini berkaca dalam laga sebelumnya ketika Persib bertemu dengan Bali United, di mana kejadian penyalaan flare membuat pertandingan harus ditunda sementara.

Government Relations Liga Indonesia Baru (LIB) Brigjen Pol (P) Johny Pol Latupeirissa mengatakan, jika Persib lolos ke babak selanjutnya, maka kemungkinan Stadion GBLA akan kembali dipakai. Namun, hal tersebut tergantung ketertiban saat pertandingan.

"Bisa jadi (GBLA tak lagi dipakai), karena kita bukan dari PSSI saja yg mengizinkan, tapi dari pemerintah juga," kata Johny dikutip dari ANTARA, Jumat (17/6/2022).

1. Penonton harus jaga kondusifitas bersama-sama

GBLA Bisa Dicoret dari Piala Presiden Jika Ada Flare Saat PertandinganIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, ketika ada hal yang mengganggu jalannya pertandingan, seperti adanya oknum penonton yang menyalakan flare, maka pertandingan pun bisa dihentikan.

Untuk itu, Johny mengajak kepada seluruh bobotoh agar sama-sama menjaga kondusifitas dan keamanan saat adanya pertandingan sepak bola.

"Ini kan pertandingan baru penyisihan untuk masuk ke perempat final. Kita berharap penyisihan bisa berjalan dengan baik," kata dia.

2. Panpel Persib bakal kena sanksi

GBLA Bisa Dicoret dari Piala Presiden Jika Ada Flare Saat PertandinganIDN Times/Azzis Zulkhairil

Komisaris Persib Umuh Muchtar kecewa dengan prilaku Bobotoh yang menyalakan flare saat Maung Bandung berlaga melawan Bali United akhir pekan kemarin di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Aksi tersebut membuat Persib bakal kenal sanksi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"Ini akan kena sanksi, tapi saya ga tahu sanksinya apa. Apa boleh buat nanti kalau disanksi ya seperti itu," kata Umuh ditemui di Kampus UPI Bandung, Senin (13/6/2022).

Menurutnya, aksi menyalakan flare seperti itu jelas merugikan. Bukan hanya untuk panitia penyelenggara, tapi juga para pemain yang masih bertanding di lapangan.

3. Boleh mendukung asal tertib

GBLA Bisa Dicoret dari Piala Presiden Jika Ada Flare Saat PertandinganIDN Times/Debbie Sutrisno

Umuh pun mengajak para penonton yang hadir di Stadion GBLA bisa lebih tertib ketika menyaksikan pertandingan baik Persib atau tim lain di Grup C Piala Presiden. Jangan sampai nantinya ada hal-hal yang tidak diinginkan karena aksi buruk sedikit penonton yang ada.

"Bobotoh yang ada juga harusnnya bisa menertibkan temannya. Karena kita tahu lah pendukung yang menyalakan flare pasti orangnya itu-itu lagi," kata dia.

Baca Juga: Ribuan Polisi Kawal Laga Persib vs Persebaya di Stadion GBLA 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya