Comscore Tracker

Bupati Indramayu Kena OTT KPK, Wagub Jabar Ikut Prihatin 

Jabar sejauh ini menjadi daerah paling korup

Bandung, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Indramayu, Suspendi, Selasa(15/10) dini hari. Dia ditangkap bersama beberapa orang lainnya.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum ikut prihatin dengan apa yang menimpa Suspendi. Dia pun berharap para birokrat di Jawa Barat tidak melakukan hal yang macam-macam yang bisa berdampak buruk pada pribadi dan pemerintahan.

"Oleh karena itu saya minta seluruh lapisan masyarakat terutama yang memiliki koneksi dengan para pejabat juga untuk tidak melakukan kegiatan yang membahayakan lah ya," ujar Uu usai meresmikan kegiatan Hari Penglihatan Sedunia di Gedung Sate, Selasa (15/10).

Menurut Uu, seluruh pihak harus bersinergi dalam menjalankan roda pemerintahan agar tidak ada pihak tertentu yang memanfaatkan peluang mencari keuntungan pribadi. Birokrat, pimpinan daerah, dan pihak swatsa pun harus bisa bekerja dengan benar.

Dengan penangkapan ini, Uu memastikan kinerja pemerintahan daerah di Indramayu tidak akan berhenti. Sebab dalam sistem pemerintahan di Indonesia, tidak ada yang bekerja sendiri.

"Tidak berlaku seorang saja, masih ada Wakil Bupati, ada juga Sekda dan lain-lain," paparnya.

OTT terhadap Bupati Indramayu kembali menambah buruk citra Provinsi Jawa Barat yang dinilai KPK menjadi daerah paling banyak teraviliasi dengan kasus korupsi. sebelumnya merilis data per bulan 7 Oktober mengenai jumlah kepala daerah di berbagai provinsi yang ditetapkan sebagai tersangka. Hasilnya, Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebanyak 18 kepala daerah yang diciduk KPK sejak lembaga ini didirikan.

Berdasarkan data KPK, terdapat 119 kepala daerah yang telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi. Dari jumlah tersebut, paling banyak dari Jawa Barat. Kemudian disusul Jawa Timur 14, Sumatera Utara dengan 12 kepala daerah, lalu Jawa Tengah dengan 10 kepala daerah.

Selain itu ada di Sumatera Selatan dengan tujuh kepala daerah, Riau dan Sulawesi Tenggara telah enam kepala daerah diamankan KPK. Sisanya mayoritas satu dan dua kepala daerah.

Baca Juga: [BREAKING] Bupati Indramayu Supendi Terjaring OTT KPK

Baca Juga: Jabar Jadi Daerah Paling Korup, Ridwan Kamil: Kita Lakukan Pembinaan 

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You