Alat Pendeteksi Cacar Monyet Mulai Diterapkan Bandara Husein Bandung

Sejauh ini belum ada penumpang internasional yang terdeteksi

Bandung, IDN Times - Pihak Bandara Husein Sastranegara mulai menerapkan alat untuk mengindikasi penumpang pesawat internasional yang terkena cacar monyet. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran cacar monyet di Kota Bandung dan sekitarnya.

Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara, Andika Nuryaman menuturkan, sejak pemerintah menginstruksikan pemantauan atas penumpang pesawat dari Singapura terkait penyebaran cacar monyet, Bandara Husein Sastranegara mulai melakukan pengecekan lebih intensif.

Cara pengecekan wisatawan yang terkena penyakit ini adalah suhu tubuh yang berada di atas 37 derajat celcius atau suhu normal. Ketika pemindai mengindikasi suhu tubuh penumpang lebih dari 37 C maka pihak keamanan akan langsung membawa yang bersangkutan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

1. Dipasang sejak awal pekan

Alat Pendeteksi Cacar Monyet Mulai Diterapkan Bandara Husein BandungIstimewa

Andika menuturkan, pemasangan alat pemindai suhu tubuh sebenarnya sudah dilakukan sejak awal pekan dengan alat Thermometer Gun. Namun alat ini bisa dibilang kurang efektif dalam pemeriksaan karena setiap penumpang harus dicek satu per satu.

Pihak Bandara Husein Sastranegara kemudian menggunakan Thermoscaner yang bisa memindai secara bersamaan ketika penumpang berjalan untuk meninggalkan area bandara. Sayangnya Thermoscaner yang dimiliki Bandara Husein Sastranegara sempat rusak.

"Kemudian kita pinjam alat dari Bandara Kertajati dan baru dipasang kembali kemarin, Kamis (16/5), sore," ujar Andika ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Jumat (17/5).

2. Khusus untuk penerbangan luar negeri

Alat Pendeteksi Cacar Monyet Mulai Diterapkan Bandara Husein BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Andika, saat ini alat pengecekan suhu tubuh yang ada di Bandara Husein Sastranegara hanya disimpan di tempat kedatangan pesawat internasional. Sebab cacar monyet sejauh ini baru diindikasi dari Singapura dan belum ditemukan dari dalam negeri.

Terkiat dengan kemungkinan penumpang yang datang dari Batam, dekat dengan Singapura, pihak Bandara Husein Sastranegara belum menyediakan alat di tempat kedatangan penumpang domestik.

"Kalau di Bandara Husein terfokuskan untuk (penumpang) internasional saja," ungkapnya.

Baca Juga: Angkasa Pura I Balikpapan Antisipasi Cacar Monyet dari Singapura  

Baca Juga: Dinkes Kutim Serukan Warga Tidak Panik pada Penyakit Cacar Monyet

3. Penumpang terindikasi akan diperiksa selama dua jam

Alat Pendeteksi Cacar Monyet Mulai Diterapkan Bandara Husein BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Dalam standar operasional (SOP) pendeteksian cacar monyet, Andika menjelaskan, alat ini akan bekerja memindai suhu tubuh penumpang yang keluar jalur kedatangan internasional. Pemindai ini kemudian akan mengecek apakah penumpang tersebut memiliki suhu tubuh normal atau justru di atas rata-rata 37,5 derajat celcius.

Jika ditemui penumpang dengan suhu tubuh tinggi, petugas akan meminta yang bersangkutan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. "Nanti akan dibawa ke klinik khusus yang ada di lantai dua," papar Andika.

Salah satu petugas pemindai suhu tubuh, Renita, menjelaskan, suhu tubuh 37,5 0C memang menjadi patokan. Ketika ada penumpang yang suhunya di atas itu bisa jadi dia terkena cacar monyet.

Untuk observasi kepastian tidaknya penumpang itu mengidap cacar monyet, tim medis pertama-tama akan memberikan obat pereda suhu. Jika dalam satu jam suhu badan penumpang tersebut tidak reda, maka akan ada pengecekan kesehatan lebih lanjut.

"Observasi maksimal dua jam dari awal scanning," ujar Renita.

4. Belum ada penumpang terindikasi cacar monyet

Alat Pendeteksi Cacar Monyet Mulai Diterapkan Bandara Husein Bandungthestar.com.my

Renita mengatakan, sejak pihak Bandara Husein Sastranegara menerapkan pengecekan suhu tubuh kepada penumpang di kedatangan internasional, belum ada satu pun yang terindikasi terkena cacar monyet.

"Penerbangan dari Singapura sudah ada sejak kemarin juga dan masih aman," ungkapnya.

Baca Juga: 8 Fakta Penyakit Cacar Monyet yang Menjangkit Hingga ke Singapura

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya