Agus Gumiwang: Dukungan Airlangga Jadi Ketum Golkar Sudah Banyak

Airlangga bisa terpilih secara aklamasi

Bandung, IDN Times - Politisi senior Partai Golkar sekaligus Menteri Sosial, Agus Gumiwang, menyebut dukungan dari berbagai daerah agar Airlangga kembali menduduki kursi pimpinan partai telah banyak. Dari sekitar 500 suara sah yang bisa mempunyai hak memilih, sudah lebih dari 400 yang memberikan dukungan kepada Airlangga secara langsung.

Dengan kondisi ini, Airlangga bahkan bisa terpilih secara aklamasi karena memang dukungan kepada calon lain sangat minim. "Itu juga bukan masalah karena tidak menyalahi proses demokrasi," kata Agus Gumiwang ditemui dalam peresmian Poltekesos, Selasa (9/7).

1. Aklamasi bukan hal tabu dalam sebuah pemilihan

Agus Gumiwang: Dukungan Airlangga Jadi Ketum Golkar Sudah BanyakIDN Times/Istimewa

Agus mengatakan, aklamasi merupakan sesuatu yang lumrah dalam sebuah pemilihan. Selama aspirasi dukungan ini datang dari mereka yang memang memiliki hak sah dan tidak ada unsur pemaksaan, maka aklamasi bisa terjadi.

Menurutnya, saat ini perwakilan dari daerah tak henti datang menemui Airlangga untuk memberikan dukungan. Bahkan semalam juga ada perwakilan dari lima daerah yang datang. "Menyampaikan dukungan lengkap dengan tanda tangan pengurus. Di antaranya Banten, Maluku Utara, Yogyakarta, NTT dan lupa satu lagi," pungkasnya.

2. Dedi Mulyani sebut dukungan untuk Airlangga capai 80 persen

Agus Gumiwang: Dukungan Airlangga Jadi Ketum Golkar Sudah BanyakIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Jabar Dedi Mulyadi mengatakan, jumlah pemilik suara pada Munas Golkar sudah mencapai 80 persen. Dukungan suara itu terdiri dari pengurus DPD di tingkat provinsi dan kabupaten/kota serta organisasi masyarakat (ormas) sayap pendiri partai.

Dari jumlah itu, menurutnya hingga saat ini 468 di antaranya sudah menyatakan untuk mendukung Airlangga. Dukungan ini diyakini memiliki kekuatan hukum karena merupakan hasil musyawarah di masing-masing tingkatan.

"Sekarang sudah 468 suara atau 80 persen sudah menyatakan dukungan kepada Airlangga," kata Dedi di Kantor DPD Golkar Jabar, Jalan Maskumambang, Kota Bandung, Selasa(9/7).

Baca Juga: Dedi Mulyadi: Airlangga Raih 80 Persen Suara Lanjutkan Ketum Golkar

3. Mendapat dukungan sah

Agus Gumiwang: Dukungan Airlangga Jadi Ketum Golkar Sudah BanyakIDN Times/Istimewa

Dedi menyebutkan, dukungan terhadap Airlangga untuk mencalonkan kembali menjadi Ketum DPP Partai Golkar sudah mencapai 80 persen suara. Dukungan itu telah dilakukan DPD tingkat I, DPD tingkat II, dan Ormas sayap partai. 

"Seluruh dukungan itu didasarkan rapat pleno di DPD-nya masing-masing baik di tingkat I dan II dengan dibubuhi tanda tangan basah dan stempel. Sifatnya mengikat baik secara moral organisasi maupun secara administrasi organisasi," kata Dedi.

Hal ini, kata Dedi, dukungan terhadap Airlangga bisa dipertanggungjawabkan secara moral baik secara organisasi maupun pribadi yang muncul karena kesadaran.

Dengan jumlah dukungan itu, dia menilai sosok Airlangga diterima oleh seluruh lapisan partainya. Ini membuktikan kandidat petahana itu telah bekerja dengan baik karena mampu membangun komunikasi hingga tingkat bawah.

"Kepemimpinan Airlangga mendapat apresiasi dari segenap partai. Jadi bukan hanya milik elit di Jakarta," katanya.

Baca Juga: Ini Kata Bambang Soesatyo Jika Ketua Umum Golkar Dipilih Aklamasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya