Comscore Tracker

2 Orang Terseret Ombak di Sukabumi, BMKG: Waspada Gelombang Pasang

Gelombang pasang bisa mencapai 6 meter

Bandung, IDN Times - Dua wanita lanjut usia (lansia) atau nenek-nenek yang merupakan wisatawan asal Kota Bogor, Jawa Barat, yakni Indriana Halim (74) dan Ijana (78) tewas tenggelam di laut selatan Kabupaten Sukabumi, Selasa (30/8/2022). Mereka terseret arus ombak laut saat sedang asik berswafoto.

Kapolsek Cisolok AKP Aguk Khusaeni mengatakan, kejadian kecelakaan laut tersebut tepatnya di pantai depan Hotel Ocean Kampung Ciwaru, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok. Informasi yang dihimpun dari pihak kepolisian, kejadian nahas yang menimpa kedua nenek tersebut berdasarkan keterangan saksi bahwa keduanya sedang asik berfoto-foto dan jalan-jalan di pinggir pantai.

"Namun tiba-tiba datang ombak yang cukup besar dan menyeretnya hingga ke tengah laut," ujar Aguk dikutip dari ANTARA, Rabu (31/8/2022).

1. Sempat dibawa ke Puskesmas tapi nyawanya tak tertolong

2 Orang Terseret Ombak di Sukabumi, BMKG: Waspada Gelombang PasangIlustrasi jenazah. (IDN Times/Mardya Shakti)

Warga melihat adanya korban kecelakaan laut langsung menghubungi penjaga pantai terdekat dan beruntung saat kejadian ada nelayan yang tengah melaut yang langsung memberikan bantuan dan berhasil mengevakuasi kedua korban ke Puskesmas Cisolok.

Menurut Aguk, kemungkinan keduanya tidak menyadari kondisi ombak pantai saat itu sedang tinggi dan saat tiba di puskesmas untuk diberikan pertolongan, kedua korban sudah meninggal dunia.

2. Gelombang tinggi pun terjadi di Pangandaran

2 Orang Terseret Ombak di Sukabumi, BMKG: Waspada Gelombang PasangInstagram

Gelombang pasang setinggi 4 meter menerjang Pantai Batu Hiu di Kampung Golempang, RT001/001, Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran , Selasa (30/8/2022).

Gelombang pasang bahkan menyentuh bibir pantai hingga beberapa jongkok PKL di kawasan wisata tersebut. Kendati begitu, laporan dari unsur kewilayahan setempat, untuk sementara tidak ada laporan korban jiwa. Di kawasan tersebut juga sedang tidak ada wisatawan yang berkunjung.

Gelombang pasang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Gelombang tersebut datang dari Tengah laut dengan ketinggian air kurang lebih sekitar 4 Meter, dan air laut tersebut hanya sampai ke parkiran sebelah Barat Objek Wisata Batu Hiu.

3. Ketinggian gelombang bisa mencapai 6 meter

2 Orang Terseret Ombak di Sukabumi, BMKG: Waspada Gelombang PasangIDN Times/Sukma Sakti

Menanggapi dua kejadian tersebut, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
Stasiun Bandung Teguh Rahayu mengatakan bahwa gelombang tinggi di perairan Pangandaran memang diperkirakan pada kategori sangat tinggi, antara 4 hingga 6 meter.

“Gelombang tinggi ini diperkirakan terjadi hingga dua hari ke hari ini,” katanya.

BMKG mengimbau masyarakat yang akan berwisata atau melakukan aktivitas agar tetap waspada. Jangan dulu melakukan aktivitas seperti berenang, mandi, berselancar, atau menaiki perahu di pantai, sampai kondisi laut kembali aman untuk melakukan aktivitas.

"Nelayan maupun pengguna transportasi laut untuk tetap waspada serta tidak melakukan aktivitas di laut sesuai dengan peringatan dini dari BMKG, " kata dia.

Selain laut Pangandaran, gelombang tinggi juga diperkirakan terjadi di sepanjang laut wilayah Sukabumi, Cianjur, Garut, hingga Pangandaran.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya