Truk Pengangkut Sampah ke TPA Sarimukti Terguling di KBB

Sampah berserakan di jalan raya

Bandung Barat, IDN Times - Sebuah truk pengangkut sampah asal Kabupaten Bandung mengalami kecelakaan lalu lintas di
Jalan Raya Padalarang tepatnya di Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Jumat (22/3/2024).

Truk dengan nomor polisi D 9925 Z yang
bermuatan penuh sampah ini terguling hingga melintang di ruas jalan penghubung Bandung Barat dengan Kabupaten Cianjur itu. Seluruh muatan sampah yang hendak dibuang ke TPA Sarimukti, Cipatat, KBB
dalam bak truk ikut tumpah berserakan memenuhi badan jalan.

"Kejadian tadi sekitar pukul 14.30 WIB. Sekarang masih proses evakuasi. Selain mengangkat truk, ini sedang mengangkut muatan sampah yang berceceran," tutur Nandang Sulaeman (66) salah seorang warga.

1. Begini kronologis kecelakaan

Truk Pengangkut Sampah ke TPA Sarimukti  Terguling di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia mengatakan, kecelakaan ini bermula saat truk sampah melaju dari arah Kabupaten Bandung menuju TPA Sarimukti. Saat tiba di lokasi kejadian truk tersebut oleng hingga menabrak sebuah minibus jenis Honda Mobillio dengan nomor polisi D1567 UAI yang tengah terparkir di pinggir jalan. Usai menabrak minibus, truk tersebut terguling hingga bak muatan sampah copot.

"Mobil truk sampah oleng dan menabrak mobil yang terparkir, setelah menabrak mobil, truk sampah terjungkal. Seluruh muatan tumpah," ujar Nandang.

Nandang memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sopir truk selamat dan hanya mengalami luka ringan. Meski begitu akibat kejadian ini, arus lalu lintas mengalami kepadatan, mulai dari Jalan Raya Padalarang, Jalan Gedong Lima, Jalan Cihaliwung, Jalan Parahyangan Raya Kota Baru, Flyover Padalarang, hingga Jalan Raya Panaris. 

Ekor kepadatan kendaraan di Jalan Padalarang mengular hingga kawasan wisata Situ Ciburuy. Sedangkan dari arah sebaliknya, mengular hingga daerah Padasuka. Polisi memberlakukan buka tutup arus atau contraflow di Jalan Raya Padalarang.

"Alhamdulillah gak ada korban jiwa. Sopir selamat langsung kita tolong. Tapi imbasnya macet saja," ucap dia.

2. Sopir truk hindari sepeda motor

Truk Pengangkut Sampah ke TPA Sarimukti  Terguling di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sementara itu, Adi (30) sopir truk sampah, mengatakan kecelakaan itu disebabkan dirinya menghindari motor yang hendak menyebrang. Ia membanting setir ke arah kiri agar tak menabrak motor, namun tindakan itu membuat truk oleng dan terguling.

"Jadi ada motor menyebrang jalan tanpa lampu sen nyelonong gitu aja. Saya kaget dan banting stir ke kiri, eh langsung oleng dan terguling," kata dia.

3. Pengangkutan sampah dilanjutkan ke TPA Sarimukti

Truk Pengangkut Sampah ke TPA Sarimukti  Terguling di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Adi menjelaskan sampah yang dibawanya berasal dari Soreang Kabupaten Bandung untuk dibuang ke TPA Sarimukti. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung telah menerjunkan bantuan untuk mengevakuasi truk dan samoah yang berserakan.

"Sudah ada bantuan. Sampah yang berserak akan diangkut lagi pakai mobil ini. Tapi sekarang tunggu diangkat dulu mobilnya," ujar Adi.

Baca Juga: Periksa Takjil di KBB, BPOM Uji 24 Sampel

Baca Juga: Viral Ambulans Desa di KBB Tiba-tiba Terbakar Saat Terparkir

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya