Polisi di Cimahi Berhasil Lumpuhkan Dua Begal Bersenjata saat Beraksi

Mereka raih penghargaan dari Polres Cimahi

Cimahi, IDN Times - Bripda Ilham Khaerul Mutaqin, anggota Sat Sabhara Polres Cimahi mengalami luka ringan pada bagian telunjuknya saat berduel melawan dua begal bersenjata tajam pada Selasa (26/9/2023) sekitar pukul 04.00 WIB.

Duel polisi melawan begal yang meresahkan itu terjadi di wilayah Margaasih, Kabupaten Bandung yang merupakan wilayah hukum Polres Cimahi. Ketika itu polisi berusia 21 tahun itu terkena sabetan golok saat akan melumpuhkan begal.

Kepada wartawan, Bripda Ilham menceritakan aksi heroik dia bersama anggota Tim Patroli Presisi Sabhara Polres lainnya ketika mengamankan dua begal yang diketahui berinisial MR (23) dan SW (34). Dia mengatakan ketika itu tim sedang melakukan patroli.

"Jadi waktu itu ketika saya dan rekan saya sempat mengamankan, dia (begal) melawan," ujar Khaerul di Mapolres Cimahi, Rabu (27/9/2023).

1. Begal mengeluarkan senjata tajam saat akan diamankan

Polisi di Cimahi Berhasil Lumpuhkan Dua Begal Bersenjata saat Beraksi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Penangkapan terhadap begal meresahkan itu bermula ketika polisi menerima laporan masyakat melalui WhatApps mengenai adanya dua orang yang dicurigai di Jalan Kerkoff, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Kedua begal itu nampak membawa senjata tajam dan diduga sedang mengincar korban.

Saat didatangi Tim Patroli Presisi Sabhara Polres Cimahi, dua begal bersenjata itu tidak kooperatif dan malah melarikan diri ke arah Margaasih, Kabupaten Bandung. Aparat kepolisian langsung melakukan pengejaran terhadap kedua begal itu. Situasi mencekam pun terjadi di sana karena begal tersebut mengeluarkan senjata tajam.

"Ketika saya pegang jaket dia mengeluarkan sajamnya (senjata tajam), golok sama pisau kecil," ucap Bripda Ilham.

2. Dua begal itu dilumpukan setelah terjauh ke selokan

Polisi di Cimahi Berhasil Lumpuhkan Dua Begal Bersenjata saat BeraksiIlustrasi begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Dua begal tersebut melawan dengan menyabetkan senjata tajam jenis golok ke arah Bripda Ilham dan rekannya. Untungnya, dia bisa menghindar sehingga tidak mengalami luka yang begitu serius. Dia hanya terkena sedikit sabetan pada bagian jaringa.

"Tiba-tiba dia melawan, dia mau nyabet rekan saya alhamdulillahnya saya bisa menghindar dengan rekan saya. Gak kerasa sih pas kena sajamnya," kata dia.

Setelah itu, sepeda motor yang dikendarai dua begal bersenjata itu terjatuh ke dalam selokan air hingga akhirnya bisa diamankan Tim Patroli Presisi Sabhara Polres Cimahi. Pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Margaasih.

"Kita menghadang lalu dia terjatuh masuk selokan, lalu kita amankan pelaku tersebut," ujar dia.

3. Aksi heroik personel kepolisian diganjar penghargaan

Polisi di Cimahi Berhasil Lumpuhkan Dua Begal Bersenjata saat Beraksihttp://rakyatku.com

Aksi heroiknya itu yang dilakukan Tim Patroli Presisi Sabhara Polres, 10 anggota tim diganjar penghargaan dari Kapolres Cimahi, AKBP Aldi Subartono. Bripda Ilham mengatakan, penghargaan ini tentunya menjadi sebuah motivasi bagi dia dan rekan-rekannya untuk melayani masyarakat.

Dia mengatakan, berhadapan dengan situasi menegangkan seperti menghadapi begal kemarin tentunya menjadi sebuah risiko yang harus dihadapi. "Itu risiko kami apapaun yang terjadi. Kami akan lebih semangat untuk melindungi dan melayani masyarakat Cimahi dan KBB," ujar dia.

Baca Juga: Dua Begal Bersenjata Gagal Beraksi di Kota Cimahi Berkat WhatApps

Baca Juga: Bikin Resah Warga, Polisi Amankan Dua Geng Motor di Cimahi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya