Waduh! 34 Warga Gununghalu KBB Keracunan Hidangan Pesta Pernikahan

Dua orang kritis dan dirawat di RSUD Cililin

Bandung Barat, IDN Times - Pesta pernikahan di Kampung Mariuk, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) berujung musibah. Sedikitnya 34 tamu undangan yang diduga menyantap hidangan di pesta tersebut keracunan makanan.

Pesta pernikahan itu digelar pada Kamis, 13 Agustus 2020, lalu. Peristiwa itu diketahui setelah pesta pernikahan usai digelar. Sebanyak 32 tamu yang hadir merasa mual dan muntah hingga dilarikan ke puskesmas setempat. Sedangkan, dua lainnya kritis dan mendapat perawatan di RSUD Cililin. 

1. 2 dirawat di RSUD Cililin, 32 di Puskesmas Gununghalu

Waduh! 34 Warga Gununghalu KBB Keracunan Hidangan Pesta PernikahanIlustrasi Pasien (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Desa Sirnajaya, Suhardi mengatakan, peristiwa keracunan masal itu terjadi usai gelaran hajat pernikahan yang digelar pada Kamis (13/8/2020) lalu. Sedikitnya 34 tamu undangan harus mendapatkan perawatan medis.

"Sementara ini yang masuk puskesmas ada 32 orang. Sedangkan 2 orang yang kritis dilarikan ke RSUD Cililin. Jadi semuanya ada 34 orang," ungkap Suhardi saat dihubungi, Sabtu (15/8/2020).

2. Tamu undangan mengeluhkan mual sampai kejang-kejang

Waduh! 34 Warga Gununghalu KBB Keracunan Hidangan Pesta Pernikahanpexels.com/Engin Akyurt

Suhardi menduga, keracunan masal itu terjadi usai menyantap menu hidangan malam hari. Sebab, para tamu undangan di siang hari tidak ada satu pun yang merasakan hal aneh. Kamis malam itu, 34 orang yang menyantap hidangan mengeluhkan lemas, mual, muntah dan berak. Dengan demikian, warga pun langsung memboyong warga ke Puskesmas Gununghalu.

"Yang kritis bahkan sampai kejang-kejang bahkan mencret juga sampai keluar darah. Makanannya mah biasa, masakan daging ayam sama nasi. Hanya saja beda menu dengan menu yang siang," paparnya.

3. Kades belum bisa pastikan jumlah pasien keracunan

Waduh! 34 Warga Gununghalu KBB Keracunan Hidangan Pesta Pernikahanilustrasi racun (Pixabay/qimono

Suhardi menyebutkan, laporan yang ia terima sampai saat ini baru 34 orang yang terkena. Apakah ada warga lainnya atau tidak, Suhardi belum bisa pastikan. Dia berharap keracunan masal itu tidak lebih dari jumlah korban saat ini.

"Sementara belum dicek lagi (warga keracunan) di luar 34 warga itu. Hari ini saya mau cek lagi ke Kampung Mariuk untuk memastikan jumlah yang terkena," pungkasnya.

4. RSUD Cililin rawat dua orang kritis

Waduh! 34 Warga Gununghalu KBB Keracunan Hidangan Pesta PernikahanDirut RSUD Cililin. (IDN Times/Bagus F)

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Cililin, dr. Achmad Okto Rudy mengatakan, dua orang saat ini dirawat di RSUD Cililin. Keduanya mengalami keracunan makanan hajat hingga mengalami kondisi yang kritis.

"Sebenarnya saya juga baru dapat info. Yang masuk ke kita 2 orang. Sisanya dirawat di Puskesmas Gununghalu. Mereka keracunan dari hajatan ya. Untuk kondisi terkini saya sedang cek dulu," kata Okto.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya