Comscore Tracker

Pilkades di Bandung Barat Panas, Bakal Calon Tak Lolos Seleksi Emosi

13 desa paling diminati calon kades

Bandung Barat, IDN Times - Gelaran pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) memanas. Beberapa bakal calon yang dinyatakan tidak lolos dari seleksi melampiaskan kekecewaan mereka.

Sedikitnya ada 41 Desa yang akan menggelar Pilkades Serentak yang akan dilakukan pada 28 November 2021 mendatang. Dari 41 desa tersebut sebanyak 13 desa terhitung paling diminati. Hal itu dilihat dari banyaknya bakal calon yang mendaftar ke 13 desa tersebut.

"Ada 13 desa yang wajib mengikuti seleksi. 13 desa ini merupakan desa dengan jumlah pendaftar yang lebih dari 5," ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa KBB, Rambey Solihin, Rabu (10/11/2021).

1. Calon dari 13 desa paling diminati sudah ditetapkan

Pilkades di Bandung Barat Panas, Bakal Calon Tak Lolos Seleksi EmosiRekapitulasi tingkat nasional Pemilu 2019. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Pilkades serentak ini merupakan hajat demokrasi di tingkat desa. Oleh karenya, risiko dari demokrasi yakni adanya konflik. Tak heran jika gelaran Pilkades memanas di beberapa desa.

"Saat ini semua sudah pleno penetapan calon kepala desa. Kita belum menerima laporan adanya sengketa. Semoga saja tidak ada," kata Rambey.

13 Desa paling diminati yakni Desa Singajaya Kecamatan Cihampelas 6 peserta, Desa Ciptagumati Kecamatan Cikalongwetan 7 peserta, Desa Tenjolaut Kecamatan Cikalongwetan 8 peserta, Desa Mandalasari Kecamatan Cipatat 8 peserta, Desa Cipeundeuy Kecamatan Cipeundeut 8 peserta, Desa Nanggeleng Kecamatan Cipeundeuy 11 peserta, Desa Sirnagalih Kecamatan Cipeundeuy 6 peserta.

Desa Mekar Sari Kecamatan Cipongkor 6 peserta, Desa Bojongkoneng Kecamatan Ngamprah 9 peserta, Desa Mekar Sari Kecamatan Ngamparh 6 peserta, Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang 7 peserta, Desa Kertajaya Kecamatan Padalarang 9 peserta dan Desa Sindangkerta Kecamatan Sindangkerta 6 peserta.

2. Bakal calon tak menerima hasil seleksi

Pilkades di Bandung Barat Panas, Bakal Calon Tak Lolos Seleksi EmosiIlustrasi anggota kepolisian. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Betul saja, di Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang penetapan calon kepala desa sempat memanas. Dari 9 bakal calon, ada 4 bakal calon yang gugur di tahapan seleksi.

Salah satu bakal calon yang dinyatakan gugur yakni Deri Sulaiman. Deri dinyatakan tidak lolos dari hasil seleksi yang dilaksanakan di Unjani. Tidak terima dengan hasil seleksi, tim sukses Deri menggeruduk ke perguruan tinggi tersebut.

"Kami menuntut transparansi dari Unjani bagaimana sistem penilaian yang dilakukan, jangan sampai ada yang dirugikan. Misalnya peserta dari yang seharusnya lulus jadi tidak, begitupun sebaliknya dari yang semestinya tidak lulus jadi lulus," sebut Pendukung Deri Sulaeman, Ruly Wardiana saat ditemui di Unjani.

3. Berita acara sudah disepakati semua bakal calon

Pilkades di Bandung Barat Panas, Bakal Calon Tak Lolos Seleksi EmosiANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Terpisah, Koordinator Bidang Pendaftaran Calon Kades Kertajaya, Cucu Cuargi menyebutkan, hasil penilaian seleksi di tingkat desa sudah clear. Berita acara hasil seleksi tersebut, sudah ditanda tangani oleh kesembilan bakal Cakades di Desa Kartajaya.

"Kalau penilaian hasil seleksi di panitia desa, sudah clear. Nggak ada masalah. Kalaupun ada yang protes ke Unjani, itu hak mereka," tuturnya.

4. Hasil seleksi dari Unjani dijaga ketat

Pilkades di Bandung Barat Panas, Bakal Calon Tak Lolos Seleksi EmosiAntara Foto/Adeng Bustomi

Secara singkat Cucu memaparkan tentang penyerahan hasil penilaian seleksi dari panitia Unjani. Meskipun hasilnya diserahkan di kantor desa, namun dipastikan dokumen hasil penilaian itu aman.

Sejak diserahkan dari Unjani, dokumen dalam kondisi disegel rapat. Bahkan saat dibawa dari Unjani mendapat pengawalan ketat dari aparat hukum.

"Kita umumkan dan diberikan hasilnya secara terbuka satu persatu pada para balon," tuturnya.

Baca Juga: Ketika Tradisi Ngagobyag Cairkan Suasana Pilkades di Purwakarta

Baca Juga: Merebutkan 170 Desa, 573 Cakades Bersaing Ketat di Pilkades Purwakarta

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya