Comscore Tracker

Belum Cukup buat KPK, Lima Rumah Keluarga Aa Umbara Digeledah!

KPK bawa barang bukti baru dari hasil geledahnya

Bandung Barat, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan penggeledahan ke kediaman orang-orang yang terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan barang tanggap darurat pandemi COVID-19 Kabupaten Bandung Barat (KBB) anggaran tahun 2020.

Setelah menggeledah dua dinas di Pemda Bandung Barat, tim penyidik melanjutkan penggeledahan pada hari berikutnya di wilayah Lembang, KBB pada Rabu, 7 Maret 2021 kemarin. Dua kantor dinas yang disatroni KPK di hari sebelumnya yakni Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian, dan Penanganan Daerah (Bappelitbangda) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

1. Lima rumah digeledah tim penyidik

Belum Cukup buat KPK, Lima Rumah Keluarga Aa Umbara Digeledah!Tim penyidik KPK geledah kantor Bupati KBB. (IDN Times/Bagus F)

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, penggeledahan yang dilakukan hari kemarin berfokus di wilayah Kecamatan Lembang, KBB. Tim penyidik menyisir ke rumah-rumah yang diduga terlibat dalam kasus korupsi Bansos COVID-19.

"Rabu (7/4) tim penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di lima lokasi yang berada di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat," ujar Ali, Kamis (8/4/2021).

2. Lima rumah yang digeledah merupakan rumah keluarga Bupati

Belum Cukup buat KPK, Lima Rumah Keluarga Aa Umbara Digeledah!Rumah Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna di Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Ali menyebutkan, tim penyidik KPK menyisir lima rumah yang ditinggali oleh orang-orang yang mempunyai keterkaitan dengan kasus dugaan korupsi yang menyeret nama Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. Namun, Ali tidak menyebutkan secara spesifik rumah siapa saja yang digeledah.

"Rumah kediaman dari pihak-pihak yang ada hubungan keluarga dengan tersangka AUS dan diduga mengetahui rangkaian perbuatan para tersangka dalam perkara ini," kata Ali.

3. KPK kantongi dokumen baru

Belum Cukup buat KPK, Lima Rumah Keluarga Aa Umbara Digeledah!Tim penyidik KPK geledah kantor Bupati KBB. (IDN Times/Bagus F)

Dari lima rumah yang digeledah, tim penyidik menyita sejumlah dokumen dan data elektronik yang diduga mengarah pada barang bukti tindak pidana korupsi.

"Pada lima lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan berbagai bukti diantaranya dokumen yang diduga terkait dengan perkara," sebut Ali.

"Selanjutnya bukti-bukti ini akan divalidasi dan dianalisa untuk segera diajukan penyitaannya guna menjadi barang bukti dalam berkas penyidikan perkara dimaksud," tuturnya.

4. Aa Umbara terseret kasus Bansos COVID-19

Belum Cukup buat KPK, Lima Rumah Keluarga Aa Umbara Digeledah!Bupati Bandung Barat Aa Umbara. (IDN Times/Bagus F)

Diberitakan sebelumnya, KPK menetapkan Aa Umbara beserta Totoh Gunawan dan Andri Wibawa (putra kandung Aa Umbara) sebagai tersangka dugaan suap pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19. Aa Umbara diduga menerima uang suap sekitar Rp1 miliar.

Dari pengadaan ini Totoh Gunawan diduga telah menerima keuntungan sejumlah sekitar Rp2 miliar, sedangkan Andri Wibawa diduga menerima keuntungan Rp2,7 miliar.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya