Comscore Tracker

Viral karena Pengunjung Membludak, Pantai Batu Karas Ditutup!

Penutupan berlaku mulai malam ini

Pangandaran, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan menutup akses kunjungan ke Pantai Batu Karas pada Minggu (15/5/2021) malam. Keputusan ini dikeluarkan menyusul adanya video viral pengunjung yang membludak tanpa mentaati protokol kesehatan (Prokes).

"Pantai Batu Karas ditutup mulai malam ini pukul 12:00 WIB sampai besok. Keputusan diambil setelah tadi rapat bersama seluruh instansi terkait," ujar Kusdiana, Sekda Pemkab Pangandaran, saat dihubungi, Sabtu (15/5/2021).

1. Objek wisata Pangandaran akan menerapkan sistem satu pintu

Viral karena Pengunjung Membludak, Pantai Batu Karas Ditutup!Tangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meskipun akses menuju Pantai Batu Karas ditutup, Kusnadi mengatakan, akses menuju pantai lain akan tetap dibuka dengan sejumlah kententuan teknis protokol kesehatan yang ketat.

"Objek wisata Kabupaten Pangandaran masih dibuka satu pintu, diatur oleh seluruh petugas gabungan bersama Satgas COVID-19," ungkapnya.

2. Penutupan hanya di Pantai Batu Karas

Viral karena Pengunjung Membludak, Pantai Batu Karas Ditutup!Tangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kusnadi tidak menjelaskan secara rinci seperti apa aturan teknisnya. Namun, ia memastikan petugas akan berjaga dan memperketat aturan bagi pengunjung yang akan datang.

"Pantai pangandaran dibuka, satu pintu utama, dan juga ada swab antigen juga pemantuan. Yang ditutup cuma di Pantai Batu Karas karena memang over capacity," kata dia.

3. Pemkab Pangandaran benarkan video viral membludaknya kunjungan masyarakat

Viral karena Pengunjung Membludak, Pantai Batu Karas Ditutup!(Tangkap Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pangandaran membenarkan tersiarnya video viral di Instagram soal kerumunan pengunjung di obyek wisata Pantai Batu Karas tanpa protokol kesehatan. Video itu menyebar luas sejak Sabtu (15/5/2021).

Video berduarasi 00:13 detik ini memperlihatkan para pengunjung asyik berenang dan berkumpul di bibir pantai. Terlihat juga pengunjung tidur dengan tikar berdempet-dempetan tanpa menjaga jarak.

Dalam video itu juga terlihat pengunjung lainnya tidak mengenakan masker sesuai anjuran pemerintah.

4. Pemkab Pangandaran buka pariwisata sejak hari pertama Idul Fitri 2021

Viral karena Pengunjung Membludak, Pantai Batu Karas Ditutup!Instagram.com/catperku

Seperti diketahui, Pemkab Pangandaran, Jawa Barat, tetap membuka objek wisata di Pangandaran saat libur lebaran, dengan mendapatkan pengawasan dan pengetatan protokol kesehatan untuk pencegahan wabah COVID-19 di tempat wisata.

"Sampai saat ini kan tak ada larangan penutupan untuk destinasi wisata, hanya pengetatan saja," kata Ketua Harian Satgas COVID-19 Kabupaten Pangandaran Suheryana seperti dilansir ANTARA.

Ia menuturkan Pemkab Pangandaran tentu akan mengikuti kebijakan nasional dan provinsi terkait penyekatan arus kendaraan bagi pemudik dari luar kota menuju Pangandaran.

Pemerintah pusat dan provinsi juga, kata dia, tetap membolehkan tempat wisata dibuka bagi masyarakat selama libur lebaran.

Baca Juga: Viral, Kerumunan Abaikan Prokes di Pantai Batu Karas Pangandaran

Baca Juga: Menengok Hunting Hi & Low, Penginapan Unik Para Surfers di Batu Karas

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya