Uha, Sosok Pembersih Gorong-Gorong yang Viral di Media Sosial

Membersihkan gorong-gorong tulus sebagai bentuk kepedulian

Bandung, IDN Times - Video dua orang warga Gang H. Syahroni RW 04, Cicadas, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Uha (45) dan Oho (49) mendadak viral di sosial media atas aksinya membersihkan gorong-gorong tersumbat sedalam empat meter dengan telanjang dada.

Dalam video yang viral tersebut, Uha dan Oho terlihat membersihkan gorong-gorong dengan menggunakan tangga kayu, keduanya pun terlihat tidak menggunakan peralatan pembersih gorong-gorong yang sesuai Standar Operasional (SOP).

1. Gorong-gorong kerap tersumbat saat hujan melanda Kota Bandung

Uha, Sosok Pembersih Gorong-Gorong yang Viral di Media SosialIDN Times/Azzis Zulkhairil

Uha menceritakan, kejadian tersebut terjadi saat hujan lebat melanda kota Bandung pada Rabu (25/12) pukul 12:00 WIB hingga 15:00 WIB, salah satu gorong-gorong yang berada dekat balai pertemuan kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, kata dia memang menjadi langganan banjir karena gorong-gorong kerap tersumbat sampah.

"Pada saat itu hujan besar, saya enggak ingin viral, saya cuma lihat tetangga ini air dilingkungan sekitar kena banjir, akhirnya saya sama Oho langaung terjun langsung," ujarnya saat ditemui di kediamannya yang tidak dari lokasi gorong-gorong.

 

Baca Juga: Kisruh Rumah Deret, LBH Bandung Bikin Petisi Agar Predikat Layak HAM Bandung Dicabut

2. Sudah puluhan tahun menjadi pembersih gorong-gorong dadakan

Uha, Sosok Pembersih Gorong-Gorong yang Viral di Media SosialIDN Times/Azzis Zulkhairil

Uha mengatakan, jika banjir terjadi sudah secara otomatis ia dan temanya Oho langsung melakukan ritual pembersihan sampah, dengan cara menyelam langsung dan membersihkannya dengan tangan kosong.

"Mang Oho rekan saya kerja, dari dahulu saya seperti ini sudah 20 tahun. Kerjaan asli serabutan, kalau ada yang nyuruh dikerjaan kalau enggak ada yang nyuruh ya enggak apa-apa," tuturnya.

Baca Juga: Banyak Masalah di Kota Bandung, Pemkot Bandung Buat Program Kataba

3. Sampah pembalut hingga popok kerap menutup gorong-gorong

Uha, Sosok Pembersih Gorong-Gorong yang Viral di Media SosialIDN Times/Azzis Zulkhairil

Selama puluhan tahun membersihkan gorong-gorong, Uha mengaku banyak menemukan berbagai macam sampah yang menyumbat gorong-gorong. Mulai dari sampah plastik hingga sampah pembalut.

"Sampahnya ada pembalut, popok, celana dalam satu keresek besar dan berangkal sekarung, kadang tersumbat karena sampah-sampah tersebut," katanya.

Baca Juga: Pelarian Bandar Narkoba Kutim Berakhir di Gorong-Gorong

4. Tidak dirasakan sakit meski tidak pernah gunakan alat profesional

Uha, Sosok Pembersih Gorong-Gorong yang Viral di Media SosialIDN Times/Azzis Zulkhairil

Selama membersihkan gorong-gorong, ia mengaku tidak pernah mengalami sakit gatal-gatal atau apapun. Alat yang digunakan selama puluhan tahun pun hanya tangga untuk menyelam hingga bawah gorong-gorong. Uha mengaku, selama menyelam dalam tumpukan sampah dan air keruh tidak merasakan hal-hal lain.

"Saya udah biasa, badan enggak sakit, biasa aja. Pokoknya rasa strawberry," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya