Comscore Tracker

Rizieq Kabur dari RS UMMI, Kapolda Jabar: Dia Masuk Juga Diam-diam

Rizieq Shihab masuk RS UMMI setelah tes PCR secara diam-diam

Bandung, IDN Times - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Irjen Ahmad Dofiri akhirnya memberikan tanggapan terkait peristiwa kaburnya Rizieq Shihab dari Rumah Sakit (RS) UMMI, Kota Bogor, Sabtu (28/11/2020).

"Saya perlu klarifikasi, itu bukan poin penting kami. Faktanya yang bersangkutan (Rizieq Shihab) datang ke rumah sakit dengan diam-diam," ujar Dofiri di Mapolda Jabar, Senin (30/11/2020).

1. Kapolda sebut Rizieq Shihab tinggalkan rumah sakit secara diam-diam

Rizieq Kabur dari RS UMMI, Kapolda Jabar: Dia Masuk Juga Diam-diamSuasana penjemputan Rizieq Shihab di sekitar bandara Soekarno-Hatta (Front TV)

Hal itu, menurutnya disampaikan juga oleh Satgas COVID-19 Kota Bogor yang juga mendapat penolakan dari RS UMMI ketika hendak mengecek kabar Rizieq Shihab tengah menjalani pemeriksaan.

"Satgas COVID-19 hendak mengklarifikasi ada indikasi penolakan yang jelas menghalangi tindakan dari satgas dan sampai akhirnya yang bersangkutan juga meninggalkan rumah sakit dengan diam-diam," tuturnya.

2. Kapolda minta masyarakat menilai sendiri tindakan Rizieq Shihab

Rizieq Kabur dari RS UMMI, Kapolda Jabar: Dia Masuk Juga Diam-diamPimpinan FPI Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Selain itu, Dofiri menerangkan, kejadian ini masih dalam proses penyelidikan, Ia pun menilai dari kejadian ini masyarakat kiranya bisa menyimpulkan sendiri atas apa yang sudah dilakukan oleh Rizieq Shihab.

"Silahkan publik sendiri yang menilai, apakah itu kabur atau meninggalkan rumah sakit," ucapnya.

3. Semua yang dilakukan Rizieq Shihab dan Rumah Sakit UMMI ada konsekuensinya

Rizieq Kabur dari RS UMMI, Kapolda Jabar: Dia Masuk Juga Diam-diamRizieq Shihab (tengah) menyapa ribuan jamaah di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Berjalannya proses penyelidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian, nantinya akan turut membuktikan apakah Rizieq Shihab benar melarikan diri pasca menjalani PCR test dari MER-C atau ada beberapa kemungkinan lainnya.

"Tapi yang jelas setiap langkah dan tindakan apakah rumah sakit atau yang bersangkutan, itu ada konsekuensi hukum yang harus dipertanggung jawabkan," katanya.

"Satgas COVID-19 sudah melaporkan ke Satgas Bogor dan dalam hal ini merupakan kewajiban kita untuk menindaklanjuti laporan tersebut," tambahnya.

4. Polda Jabar kemungkinan panggil Rizieq Shihab

Rizieq Kabur dari RS UMMI, Kapolda Jabar: Dia Masuk Juga Diam-diamKabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi Adrimulan Chaniago. (IDN Times/Bagus F)

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar, Komisaris Besar Polisi Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat berencana akan memanggil Rizieq Shihab untuk memberikan penjelasan terkait, peristiwa "kabur" dari Rumah Sakit UMMI, Kota Bogor.

Ia menjelaskan, pemanggilan Rizieq Shihab masih dalam rencana. Saat ini polisi baru akan memanggil sejumlah pihak dari RS UMMI yang dinilai sudah menghalangi Satgas COVID-19 Kota Bogor untuk meminta hasil swab Rizieq Shihab.

Baca Juga: Doni Monardo Sebut Rizieq Shihab Harus Kooperatif dan Berikan Teladan 

Baca Juga: Demi Kepentingan Umum, Rizieq Shihab Mesti Jujur soal Hasil Tes Swab

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya