Comscore Tracker

PT KAI Bandung Resmi Terapkan Syarat Vaksinasi Booster untuk Penumpang

Aturan akan diberlakukan mulai 17 Juli 2022

Bandung, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung akan menerapkan aturan penggunaan vaksin booster sebagai syarat perjalanan. Aturan baru akan diberlakukan pada 17 Juli 2022.

Manager Humas Daop 2 Bandung, Kuswardojo mengatakan, penerapan syarat itu dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk mendukung pemerintah terkait perjalanan kereta api di masa pandemi COVID-19.

"Daop 2 Bandung akan memberlakukan aturan syarat perjalanan kereta api terbaru. Aturan mulai diberlakukan pada 17 Juli 2022," ujar Kuswardojo, Selasa (12/7/2022).

1. Penumpang bisa menggunakan hasil rapid test

PT KAI Bandung Resmi Terapkan Syarat Vaksinasi Booster untuk PenumpangIlustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Dalam aturan itu, Kuswardojo menjelaskan, penumpang KA Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan bukti vaksin booster. Jika belum mendapatkannya, kata dia, ada beberapa cara lain seperti menujukkan bukti hasil rapid test.

"Penumpang bisa menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen yang masih berlaku pada saat melakukan boarding," ucapnya.

3. KAI juga mengajak masyarakat untuk segera melakukan vaksin booster

PT KAI Bandung Resmi Terapkan Syarat Vaksinasi Booster untuk PenumpangIDN Times/Galih Persiana

Selain itu, Kuswardojo mengatakan bahwa aturan syarat naik KA jarak jauh ini sesuai dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi COVID-19 pada tanggal 8 Juli 2022.

"Daop 2 Bandung mengajak calon pelanggan KA untuk melakukan vaksinasi hingga vaksin ketiga, guna mendukung program pemerintah dalam penanganan COVID-19 pada lokasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah," ungkapannya.

3. Penumpang tidak tertib diminta membatalkan pemberangkatannya

PT KAI Bandung Resmi Terapkan Syarat Vaksinasi Booster untuk PenumpangIlustrasi kereta api. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Daop 2 Bandung sendiri akan kembali menyediakan fasilitas vaksinasi di Stasiun Bandung pada Selasa 12 Juli 2022. Pelanggan juga tetap diwajibkan menggunakan masker selama dalam perjalanan kereta api dan saat berada di stasiun.

"Bagi pelanggan KA yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya. Kami juga memastikan seluruh pelanggan KA telah menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," kata dia.

Baca Juga: Libur Lebaran 2022, Ada 232.493 Tiket Terjual di KAI Daop 2 Bandung

Baca Juga: 634.459 Penumpang Mudik dan Balik via Stasiun Daop 8 Surabaya

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya